Hasto Kristiyanto Diprediksi Bakal Mengisi Jabatan Menpan RB yang Ditinggalkan Tjahjo Kumolo

Hasto Kristiyanto Diprediksi Bakal Mengisi Jabatan Menpan RB yang Ditinggalkan Tjahjo Kumolo

Dokumen DPP PDIP
Hasto Kristiyanto Diprediksi Bakal Mengisi Jabatan Menpan RB yang Ditinggalkan Tjahjo Kumolo 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) kini kosong setelah Tjahjo Kumolo berpulang beberapa waktu lalu.

Kini beberapa nama kader PDI Perjuangan ( PDIP) digadang-gadang akan menempati jabatan yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo itu.

Empat nama yang muncul dipermukaan yaitu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi III DPR Bambang Pacul, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, hingga mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat

Keempat kader PDIP itu dinilai memiliki kans untuk menduduki jabatan Menpan RB karena memiliki kedekatan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan telah berjuang untuk partai.

Baca juga: Selamat Jalan Tjahjo Kumolo, Menteri Jokowi yang Kerap Gunakan Kijang Innova Sebagai Mobil Dinas

Demikian analisis Pengamat politik Ujang Komarudin.

Hal ini berkaca dengan melihat tokoh-tokoh PDI Perjuangan saat mendapat jatah kursi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin 2019 lalu.

Jika berdasar atas hal tersebut, Ujang mengatakan kemungkinan terbesar sosok yang akan diajukan Megawati untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB adalah Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 

"Kalau kita lihat tingkat prioritas, mestinya prioritas itu jatuh kepada pak Hasto sebagai sekjen. Tapi pak Hasto dari dulu kan jadi menteri pun tidak mau. Tidak tahu kalau sekarang mau atau tidak. Kalau sekarang mau, ya kemungkinan ada di tangan pak Hasto," jelas Ujang kepada Tribunnews, Senin (4/7/2022). 

Baca juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo: Saya Ingin Berpulang saat Jalankan Tugas, Sang Istri Akui Banyak Kenangan

Namun, lanjut Ujang, jika Hasto masih menolak seperti ketika ditawarkan menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin 2019 lalu, kemungkinan kursi Menpan RB akan berpindah ke tangan lain.

Ujang menyebut beberapa tokoh seperti Ketua Komisi III DPR Bambang Pacul, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, hingga mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat akan dapat tawaran.

"Kalau pak Hasto enggak mau, ya beralih ke tangan lain. Tangan lain itu, yang sudah berjuang lama ya Bambang Pacul, bisa Olly, Djarot mungkin. Kita lihat saja," ucal Ujang. 

"Jadi intinya tokoh yang sudah berdarah-darah di partai, tokoh senior dengan jasa banyak, lalu dekat dengan Megawati," tambahnya.

Diketahui Kader PDIP telah mengajukan beberapa nama kepada Ketum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri untuk dicalonkan menduduki posisi Menpan RB.

Pun nama-nama tersebut adalah Sayed Muhammad Muliady (mantan anggota DPR-RI Komisi III/Tim Pengacara Capres Jokowi di MK Pilpres 2014 & 2019), Erwin Singajuru (mantan anggota DPR-RI/Koordinator Staf Ahli Menko Polhukam), Beathor Surjadi (mantan anggota DPR-RI, mantan Ketum Repdem PDI-P/mantan Tim Ahli KSP Setneg).

Kemudian Sirra Prayuna (tim Pengacara Capres Jokowi di MK Pilpres 2014 & 2019), Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR-RI), dan Djarot Saiful Hidayat (anggota DPR-RI/mantan Wagub DKI Jakarta).

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Dekat dengan Megawati, Tokoh yang Dirasa Akan Isi Kursi Menpan RB Hasto Kristiyanto

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved