Berita Karangasem

KASUS PMK, Peternak Sapi Karangasem Kirim Surat Terbuka untuk Bupati dan Dinas Pertanian Peternakan

Peternak sapi di Karangasem layangkan surat terbuka pada Bupati dan Dinas Pertanian, Peternakan, Ketahanan Pangan Karangasem.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Harun Ar Rasyid
Ratu Ayu Astri Desiani/
16 ekor sapi di Desa Pejarakan dipotong bersyarat, Minggu (17/7) 

TRIBUN-BALI.COM  - Peternak sapi di Karangasem layangkan surat terbuka pada Bupati dan Dinas Pertanian, Peternakan, Ketahanan Pangan Karangasem.

Isinya terkait permasalahan penyakit mulut dan kuku ( PMK), dan permintaan vaksinasi terhadap ternak warga di Kec. Sidemen.

Surat terbuka ini sudah beredar di Media Sosial (Medsos). Isi surat seperti ini :

Om swastiyastu. Terkait dengan makin merebaknya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) yang menimpa ternak sapi di Wilayah Br. Dinas Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen yang sangat meresahkan masyarakat (pemilik ternak). Kami selaku peternak sapi kecil - kecilan memohon dengan hormat kepada Bapak Bupati Karangasem, dan Dinas terkait (Dinas Peternakan Kabupaten Karangasem) agar segera mengantisipasi / merespon dengan mengadakan vaksinasi / bertindak cepat agar turun langsung merespon keluhan / permohonan kami.
Demikian kami sampaikan permohonan kami agar bisa di tindaklanjuti. Bila ada kata- kata kami tidak berkenan dihati bapak, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Atas perhatian nya tidak lupa kami haturkan terimakasih. Om santih santih santih om. Hormat kami. Peternak kecil.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kab. Karangasem, Ida Bagus Putu Suastika, membenarkan ada surat terbuka dari peternak asal Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen. Surat hanya di share di media sosial, tidak ditembuskan ke Dinas yang bersangkutan.

"Saya belum dapat suratnya. Cuma sempat baca di medsos. Katanya dari peternak kecil di Kecamatan Sidemen," kata Ida Bagus Putu Suastika, Jumat 22 Juli 2022 siang.

Ditambahkan, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Karangasem terus mengencarkan pemberian vaksin PMK di Bumi Tanah Aron.

Sampai berita ditulis, pemerintah telah mendistribusikan vaksin untuk 13 ribu lebih ekor sapi. Ini belum termasuk pemberian vaksin, Jumat 22 Juli 2022. 

Pemberian vaksin difokuskan di daerah yang terjangkit atau ditemukan kasus PMK.

"Sapi yang sudah mendapatkan vaksin PMK sebanyak 13 ribu lebih. Kegiatan vaksin PMK masih terus kita lakukan, dan gencarkan. Hari libur juga kita lakukan vaksin. Daerah yang menjadi prioritas vaksin yakni Kecamatan Rendang, Kecamatan Kubu ada Desa Ban, dan Kecamatan Karangasem ada Kelurahan Karangasem dan Desa Tumbu,"jelas Ida Bagus Suastika.

Untuk stok vaksin PMK masih ada. Puskeswan Karangasem mendapatkaan bantuan dari pusat sebanyak 18.000 dosis secara keseluruhan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved