Berita Bali

Tak Miliki Raperda Cadangan Makanan, DPRD Adakan Sidang Paripurna

DPRD Provinsi Bali adakan sidang paripurna dengan dua agenda pada, Senin 8 Agustus 2022.

istimewa
DPRD Provinsi Bali adakan sidang paripurna dengan dua agenda pada, Senin 8 Agustus 2022 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - DPRD Provinsi Bali adakan sidang paripurna dengan dua agenda pada, Senin 8 Agustus 2022.

Pada penyampaian sidang pertama adalah Raperda tentang Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Sedangkan kedua, Raperda Tata Cara Penyelenggaran Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi Bali.

Raperda Inisiatif tentang Perlindungan dan Satwa Liar yang dibacakan oleh Tjokorda Gede Agung pada dasarnya dilandasi oleh beberapa pertimbangan.

DPRD Provinsi Bali adakan sidang paripurna dengan dua agenda pada, Senin 8 Agustus 2022
DPRD Provinsi Bali adakan sidang paripurna dengan dua agenda pada, Senin 8 Agustus 2022 (istimewa)

Bagi masyarakat Bali, Sumber Daya Alam (SDA) khususnya Tumbuhan dan Satwa Liar berfungsi sebagai sumber kehidupan.

Sekaligus sebagai sarana upacara keagamaan, sangat perlu perlindungan dalam upaya menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali. Dengan demikian besar fungsi Tumbuhan dan satwa liar diperlukan perlindungan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Dalam upaya mencegah kepunahannya,serta memberikan

manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan dan masyarakat.

"Adapun tujuan Pembentukan Raperda Provinsi Bali tentang Perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar. Antara lain, memberikan penyuluhan terhadap masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap," tambahnya.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, serta perilaku agar mampu mendukung perlindungan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Untuk menjaga kelestarian Tumbuhan dan Satwa Liar, sehingga dapat memenuhi fungsinya secara berdaya guna dan berhasil guna. Selain itu, mewujudkan keseimbangan ekosistem dalam upaya pelestarian Tumbuhan dan Satwa Liar. Keempat, mengendalikan penggunaan obat dan peralatan yang berbahaya bagi manusia, serta yang dapat merusak habitat Tumbuhan dan Satwa Liar.

Sementara itu, penjelasan Kepala Daerah terhadap Raperda tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Provinsi Bali yang dibacakan Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati disampaikan bahwa sesuai ketentuan Pasal 24 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. Disebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi diatur dengan Peraturan Daerah Provinsi.

Pengembangan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi yang telah dilaksanakan untuk pangan pokok beras sebagai langkah strategis untuk mendukung penyediaan cadangan pangan dalam menghadapi kekurangan pangan, gejolak harga, bencana alam, bencana sosial dan/atau keadaan darurat.

Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah bertujuan untuk memberikan pedoman bagi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan masyarakat dalam mengatur penyelenggaraan cadangan pangan di wilayahnya.

Selanjutnya, mempermudah dan meningkatkan akses pangan bagi masyarakat yang mengalami darurat dan krisis pangan akibat bencana alam dan bencana sosial. Serta menyediakan bantuan pangan untuk masyarakat yang disalurkan untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan/atau keadaan darurat.

Menurutnya, penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi dilakukan melalui pengadaan, pengelolaan, penyaluran, dan pelepasan. Pengadaan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah diperoleh melalui pembelian produksi dari dalam daerah dengan mengutamakan produksi petani daerah yang aman dan bermutu, dengan harga pembelian yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Dalam hal Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi, Perangkat Daerah dapat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah, Lembaga Usaha Masyarakat dan/atau koperasi yang diatur dalam bentuk perjanjian kerja sama. (*)

berita lainnya

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved