Berita Denpasar

Pedudusan Agung di Puri Tegal Denpasar Pemecutan, AMD Totalitas Jaga Taksu Bali

Puri Tegal Denpasar Pemecutan menggelar Karya Agung Upacara Padudusan Agung lan Piodalan Ida Ratu Bhatara-Bhatari Puri Tegal Denpasar Pemecutan

istimewa
Suasana rangkaian Karya Agung Upacara Padudusan Agung lan Piodalan Ida Ratu Bhatara-Bhatari Puri Tegal Denpasar Pemecutan jangkep antuk Pecaruan Manca Kelud Rsi Gana di Puri Tegal Denpasar Pemecutan, Jumat pagi 12 Agustus 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Puri Tegal Denpasar Pemecutan dan Agung Manik Danendra (AMD) selaku Pemucuk Puri Tegal Denpasar Pemecutan patut menjadi contoh bagaimana menjaga adat budaya dan dalam upaya menguatkan taksu Bali dengan upacara ritual keagamaan dan berbagai kegiatan seni budaya.

Puri Tegal Denpasar Pemecutan di Jalan Gunung Karang II Denpasar menggelar Karya Agung Upacara Padudusan Agung lan Piodalan Ida Ratu Bhatara-Bhatari Puri Tegal Denpasar Pemecutan jangkep antuk Pecaruan Manca Kelud Rsi Gana, Jumat 12 Agustus 2022 pagi, bertepatan dengan Purnama Karo, Pasemeton Ageng Puri Tegal Denpasar Pemecutan.

Aura kesucian dan kuatnya taksu Bali bangkit bersinar dan terpancar dari Puri Tegal Denpasar Pemecutan melalui karya agung ini.

Aura taksu Bali terpancar dari puri ini menjadi centre of excellent, pusat pelestarian kearifan lokal Bali dan upaya menjaga taksu Bali.

Baca juga: Sakral! Pedudusan Agung di Puri Tegal Denpasar Pemecutan, AMD Totalitas Jaga Taksu Bali

Hal ini tidak terlepas dari kiprah Agung Manik Danendra (AMD) selaku Pemucuk Puri Tegal Denpasar Pemecutan.

AMD dikenal tokoh Bali, Sultan Dermawan yang gemar berbagi dan gemar beryadnya.

AMD yang bernama lengkap Dr Anak Agung Ngurah Manik Danendra SH MH MKn mengatakan, upacara Padudusan Agung ini juga merupakan wujud bakti dirinya bersama Pasemeton Ageng Puri Tegal Denpasar Pemecutan dalam menjaga taksu Bali agar semakin bersinar lagi.

Upacara ini merupakan kelanjutan Upacara Karya Agung Upacara Pakelem Agung Pamahayu Jagat Lan Pamelastian Ida Ratu Bhatara-Bhatari Puri Tegal Denpasar Pamecutan yang digelar di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Kamis 4 November 2021.

Saat itu dihadiri Wali Kota Denpasar, Ketua PHDI Bali, para penglingsir puri-puri se- Denpasar dan undangan lainnya yang tujuannya mendoakan keselamatan jagat, dan dunia bisa bebas dari gering agung pandemi Covid-19.

Karya Agung Upacara Padudusan Agung Puri Tegal Denpasar Pemecutan ini mengambil tingkatan utamaning utama dan dipuput dua pendeta Hindu yakni Ida Peranda Manggis Keniten Siladan dari Geriya Siladan,Taman Bali, Bangli dan Ida Peranda Buda Sukawati dari Sukawati, Gianyar.

Alunan genta yang mengiringi mantra-mantra suci terdengar jelas di Puri Tegal Denpasar Pemecutan, Jumat pagi.

Tak hanya itu, suara gambelan yang mengiringi Tarian Rejang Dewa, Tari Jauk, Tari Topeng Sidakarya, Wayang Lemah juga dipentaskan di Puri atau keraton megah dari Agung Manik Danendra (AMD), Pemucuk Puri Tegal Denpasar Pemecutan.

AMD yang memang benar-benar Pejuang Hindu Nusantara kiprah nyatanya tak diragukan dalam membantu umat dan menguatkan taksu Bali ini mengatakan, Padudusan Agung ini juga sebagai wujud harmonisasi sesuai dengan Tri Hita Karana, yakni hubungan dengan Tuhan, alam, dan manusia.

Upacara Padudusan Agung dan rangkaian upcara lainnya ini juga menjadi bukti keseriusan AMD dan Pesemetonan Ageng Puri Tegal Denpasar Pemecutan untuk menjaga, menguatkan dan terus memancarkan taksu Bali di Pulau Dewata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved