Berita Buleleng

Agus Suradnyana Titip Pesan ke Sandiaga agar Bandara Bali Utara Tetap Dibangun

PESAN-Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menyampaikan agar pembangunan bandara di Bali Utara tetap dilaksanakan. Pesan itu ia sampaikan saat ku

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menyampaikan agar pembangunan bandara di Bali Utara tetap dilaksanakan. Pesan itu ia sampaikan saat adanya kunjungan Menteri Pariwisata di Desa Sudaji, Jumat 19 Agustus 2022. 

TRIBUN-BALI.COM - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berharap kepada pemerintah pusat agar pembangunan bandara di Bali Utara tetep dilaksanakan.

Pesan itu ia titipkan saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng, Jumat 19 Agustus 2022.

Suradnyana mengatakan, berbicara destinasi pariwisata, selalu berdasarkan budaya adat dan istiadat. Namun akibat kurangnya dukungan aksesibilitas di Bali Utara, maka pariwisata hanya menumpuk di wilayah Bali Selatan. Pun masyarakat di Bali Utara sebagian besar memilih untuk bekerja di Bali Selatan. Hal ini menyebabkan pemuda yang diharapkan dapat menggerakan budaya di Bali Utara, tidak ada di tempat.

"Jadi di rumahnya itu kosong. Hanya ada orang-orang yang sudah tua. Adik-adik kita yang pintar nabuh, sekarang pada lari ke Denpasar. Jadi rumahnya sepi. Ini jadi persoalan serius yang dihadapi," kata Suradnyana di hadapan Sandiaga.
Dengan demikian, Suradnyana pun berharap pemerintah pusat tetap membangun bandara di Bali Utara. Sebab dengan adanya bandara, ia meyakini jumlah kunjungan wisatawan ke Buleleng akan meningkat.

KUNJUNGAN-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin, dalam kunjungan ke Desa Sudaji, Buleleng, Jumat (19/8)
KUNJUNGAN-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin, dalam kunjungan ke Desa Sudaji, Buleleng, Jumat (19/8) (tribun bali/ratu ayu astri desiani)

"Isunya bandara di Bali Utara batal dibangun. Ini menjadi persoalan serius. Dengan adanya bandara, saya yakin daya tarik Buleleng untuk pariwisata akan berbanding lurus dengan peningkatan budaya. Semoga ini bisa disampaikan ke pusat, dan pembangunan bandara di Bali Utara jangan ditunda," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa pembangunan bandara di Bali Utara telah dihapus dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Artinya, bandara dipastikan belum dapat dibangun dalam waktu dekat.

Pada Juli lalu Suradnyana menyebutkan, Gubernur Bali Wayan Koster sejatinya telah menyiapkan sarana penunjang untuk pembangunan bandara tersebut.

Seperti menyerahkan 70 persen dari luasan tanah milik Pemprov Bali yang ada di Desa Sumberklampok untuk warga di desa setempat.

Dengan diserahkannya lahan tersebut, konflik agraria yang terjadi sejak puluhan tahun di desa tersebut dapat diselesaikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved