Pemilu 2024

Jelang Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024, PKN Klungkung Siapkan Pengurus di 3 Kecamatan

Jelang Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024, PKN Klungkung Siapkan Pengurus di Tiga Kecamatan

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Pengurus Pimcab PKN Klungkung, ketika mendaftarkan partai Politik di Badan Kesbangpol Klungkung belum lama ini. ist 

SEMARAPURA,TRIBUNBALI- KPU Pusat telah mengumumkan ada 24 Parpol yang lolos berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2022.

Beberapa nama partai baru muncul, diantaranya PKN (Partai Kebangkitan Nusantara) yang diketuai politisi asal Bali, I Gede Pasek Suardika.

Khususnya di Klungkung, pengurus PKN telah terbentuk dan mulai bergerak memenuhi persyaratan untuk lolos verifikasi faktual di masing-masing daerah.

Pengurus Pimcab PKN Klungkung, ketika mendaftarkan partai Politik di Badan Kesbangpol Klungkung belum lama ini. ist
Pengurus Pimcab PKN Klungkung, ketika mendaftarkan partai Politik di Badan Kesbangpol Klungkung belum lama ini. ist (istimewa)

Ketua Pimpinan Cabang PKN Kabupaten Klungkung, Agus Darma Santosa menceritakan lahirnya PKN di Bumi Serombotan. Menurutnya pengurus PKN di Kabupaten Klungkung baru mulai terbentuk sejak Januari 2022.

"Sebelumnya pada awal November 2021, kami sudah membentuk embrio kepengurusan PKN di Bali. Setelah dibentuk kepengurusan di tingkat Pimpinan Daerah (Pimda) Bali, baru kami membentuk kepengurusan di tingkat Kabupaten (Pimcab). Kami diberikan mandat langsung oleh Kepala Pimda PKN Bali, Indra Mandala Putra, atas persetujuan Ketua Umum PKN, Gede Pasek Suardika untuk mengembangkan PKN di Klungkung," ujar Agus Darma Sentosa, Jumat (19/8/2022).

Setelah terbentuk, pengurus Pimcab mulai bergerak mengadakan audensi ke KPU dan Bawaslu untuk memperkenalkan PKN. Termasuk mendaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Klungkung.

Terkait kesiapannya jelang verifikasi faktual terhadap parpol di daerah, Agus Darma Sentosa mengaku PKN telah melengkapi semua persyaratan dari KPU seperti keanggotaan dan kepengurusan.

Menurutnya PKN telah memiliki kepengurusan di tiga Kecamatan (Pimcam), yakni di Kecamatan Banjarangkan, Dawan, dan Nusa Penida. Sementara untuk kepengurusan di kecamatan Klungkung masih dalam proses.

Sesuai aturan KPU, setiap partai di Klungkung sedikitnya harus memiliki kepengurusan di 2 kecamatan untuk dapat ikut sebagai peserta Pemilu 2024.

"Sesuai aturan KPU, kepengurusan kami di tingkat kecamatan sudah melampaui batas minimal 50 persen," ujar Agus Darma Sentosa.

Terkait jumlah anggota, khususnya di Klungkung setiap parpol harus memiliki 216 anggota. Sementara untuk PKN di Klungkung, diakuinya telah melampaui jumlah itu walau baru berdiri sekitar 8 bulan.

"Anggota PKN di Klungkung sudah melampaui syarat minimal KPU. Astungkara jejaring pengurus di pimcab dan pimcam tiap saat melakukan program pengenalan partai kepada masyarakat," jelasnya.

Saat disinggung mengenai target pada saat Pemilu 2024 mendatang, Agus Darma Sentosa mengatakan tidak mau memasang target muluk-muluk. Sebagai partai baru, ia menegaskan PKN lahir untuk program jangka panjang. Tidak sebatas untuk kontestasi lima tahunan.

"Saya tekankan bahwa kami tidak bertarung di ajang Pemilu untuk mencari musuh. Namun kami ingin berlomba adu gagasan agar menghasilkan suatu buah pemikiran yang bermanfaat untuk masyarakat banyak. Ini menjadi sejarah, mendukung putra Bali pertama yakni Gede Pasek Suardika di kancah politik nasional sebagai Ketua Umum Partai Politik Nasional," ucapnya. (mit)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved