Berita Bali

Begini Proses Evakuasi WNA Perancis yang Cedera Akibat Terhantam Ombak di Pantai Kelingking

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu 2

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu 24 Agustus 2022. 

TRIBUN BALI.COM, SEMARAPURA - Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu 24 Agustus 2022.

Laporan yang diterima Unit Siaga SAR Nusa Penida menyebutkan bahwa korban cedera pada lengan kiri dan memerlukan bantuan evakuasi.

Diketahui identitas korban atas nama Jean PR.

"Laporan kami terima pada pukul 13.50 Wita dari Bapak Made Windu yang merupakan seorang guide," ujar Kepala Basarnas Bali Gede Darmada.

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu 24 Agustus 2022.
Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu 24 Agustus 2022. (istimewa)

Tak lama berselang, segera diberangkatkan empat orang personil dan satu orang medis dari RS Nusa Medika menggunakan RIB 02 Nusa Penida.

Tim juga melakukan koordinasi dengan Polsek Nusa Penida dan Puskesmas Nusa Penida.

'Kami melakukan pergerakan melalui jalur laut karena medan di objek wisata Pantai Kelingking itu sangat sulit untuk melakukan evakuasi korban melalui jalur darat," kata Cakra Negara selaku Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Setelah tim tiba di lokasi, beberapa tim diturunkan untuk berenang mendekati pantai dikarenakan RIB tidak dapat sandar ke bibir pantai.

“Kita berenang menurunkan rescuer ke pantai kemudian di treatment, dibidai," imbuhnya.

Usai berhasil menaikkan korban ke RIB, selanjutnya WNA itu dibawa menuju Pelabuhan Segitiga Emas Nusa Penida.

Sekitar pukul 17.25 WITA mereka telah sandar dan sudah menunggu ambulance dari Klinik Nusa Medika.

“Korban kita evakuasi menuju ke pelabuhan selanjutnya dibawa ke Klinik Nusa Medika untuk mendapatkan pertolongan atau perawatan lebih lanjut," tutur Cakra.

Selama proses evakuasi melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali Unit Siaga SAR Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, kerabat Korban serta masyarakat setempat.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved