Pemilu 2024

Comot Anggota Partai Lain, KPUD Tabanan: Sanksi Khusus Tidak Ada, Hanya TMS Saja

Comot Anggota Partai Lain, KPU Tabanan: Sanksi Khusus Tidak Ada, Hanya TMS Saja

Tribun Bali/Rizal Fanany
ILUSTRASI PEMILU 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Ketua KPU Tabanan, Gede Putu Weda Subawa, mengatakan, bahwa untuk adanya kasus ganda eksternal seperti yang terjadi antara Partai PDI Perjuangan dengan Partai yang diduga mencomot.

Maka, dari partai yang keberatan itu dapat menyampaikan melalui kroscek terhadap anggotanya.

Dari kroscek anggota itu nantinya, maka akan membuat surat pernyataan dan diupload di aplikasi sipol.

Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan pencocokan dan akan melakukan pencoretan di partai yang menyomot data keanggotaan partai lain itu. Ketika itu memang terbukti benar.

ILUSTRASI PEMILU
ILUSTRASI PEMILU (Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan)

“Proses kan masih lama. Dan batas waktu itu nantinya sampai 3 September. Jadi kami akan cocokkan lagi,” ucapnya Jumat 26 Agustus 2022.

Tekhnisnya, sambungnya, nanti dari pencocokan ketika memang benar partai yang keberatan itu merupakan anggota, maka akan dilakukan pecoretan dari partai yang mencatut nama anggota tersebut.
“Jadi tinggal di klik saja (terhapus nama anggota dari partai penyomot),” imbuhnya.

Weda Subawa mengaku, bahwa sampai saat ini tidak ada aturan menyangkut sanksi bagi partai yang terbukti menyomot. Itu sama saja dengan ada kandidat melanggar aturan memasang baliho bukan di tempatnya.

Dimana hanya disuruh untuk dicabut saja dan dipindah ke tempat lain. Nah, untuk pencomotan nama anggota partai, maka partai penyomot Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Sejatinya, memang pihaknya sudah berulang kali mengimbau kepada seluruh masyarakat, melalui pengaduan masyarakat untuk mengecek di info pemilu. Sehingga tidak terjadi pencomota atau pencatutan identitas.
“Kalau sanksi khusus tidak ada. Paling untuk partai yang terbukti mencomot maka Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk keanggotaan partai ialah sebanyak 463 keanggotaan atau dukungan. Setiap parpol wajib menyertakan anggota dengan ukuran 1 per 1000 dari jumlah penduduk. Untuk Tabanan penduduk ialah 462 ribu lebih, sehingga pembulatan dari seper seribu ialah ketemu 463 anggota, sebagai bentuk memenuhi syarat dalam kontestasi politik 2024 mendatang. (ang).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved