Berita Bangli

Kenaikan Tarif Transportasi Umum Masih Dibicarakan, Ada Rencana Kenaikan Tarif Bus Perintis

Tarif jasa transportasi direncanakan naik. Hal ini untuk menindaklanjuti kenaikan BBM sejak Sabtu 3 September lalu.

Tribun Bali/Fredy
Angkutan Perintis - Tarif angkutan perintis di Bangli yang rencananya akan dinaikkan imbas dari kenaikan harga BBM. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tarif jasa transportasi direncanakan naik. Hal ini untuk menindaklanjuti kenaikan BBM sejak Sabtu 3 September lalu.

Di Bangli ada beberapa moda transportasi umum, misalnya bus perintis (damri).

Kepala Dinas Perhubungan Bangli, I Ketut Riang menjelaskan, angkutan damri merupakan kewenangan Balai Transportasi Darat Kementerian Perhubungan. Dan untuk saat ini, tarif bus perintis belum ada kenaikan.

Angkutan Perintis - Tarif angkutan perintis di Bangli yang rencananya akan dinaikkan imbas dari kenaikan harga BBM.
Angkutan Perintis - Tarif angkutan perintis di Bangli yang rencananya akan dinaikkan imbas dari kenaikan harga BBM. (Tribun Bali/Fredy)

"Tarifnya masih Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. Tergantung dari trayeknya. Misalkan Bangli-Songan Rp 5 ribu, Bangli-Catur Rp 10 ribu, Bangli-Tejakula 10 ribu, Terunyan-Bayunggede Rp 5 ribu, dan Terunyan-Tenten Rp 5 ribu," ucapnya Selasa 6 September 2022. 

Terkait dengan kenaikan BBM, lanjut Riang, belum lama ini pihaknya bersama dinas perhubungan seluruh Bali, Organda Bali, serta sejumlah pihak terkait lainnya, sempat mengadakan pertemuan di provinsi. Dalam rapat ini ada usulan kenaikan tarif tentang transportasi umum.

"Mungkin transportasi antar kabupaten, antar provinsi juga. Itu yang dibicarakan kemarin akan dikaji lagi. Menunggu juga keputusan kementerian perhubungan tentang komponen-komponen yang berpengaruh akibat kenaikan BBM ini sehingga ada hubungan dengan kenaikan tarif," ungkapnya.

Sementara di Kabupaten, imbuhnya, Dinas Perhubungan juga akan melakukan pertemuan dengan Organda Bangli. Rencananya pertemuan ini dilaksanakan hari Jumat (9/9/2022) untuk dilakukan kajian bersama. "Kalaupun sekarang sudah ada yang naik, itu tidak resmi. Karena kenaikan tarif angkutan kota itu ada aturan resminya tahun 2013. Oleh sebab itu dengan adanya kenaikan BBM beberapa kali ini, kita akan sesuaikan tarif yang akan ditetapkan dengan SK Bupati," ucapnya.

Rencana penyesuaian tarif juga akan diberlakukan pada jasa transportasi penyeberangan danau Batur. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT Penyeberangan Danau Batur, Ketut Nasta.

Kata dia, ada wacana dari Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) akan melakukan penyesuaian tarif untuk penyebrangan di danu Batur. Oleh sebab itu dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Gapasdap. "Nanti berapa besaran kenaikan tarif yang diusulkan akan kami sampaikan ke Dinas Perhubungan untuk ditelaah. Sebab pengenaan tarif diatur dalam Peraturan Bupati," ungkapnya

Ketut Nasta menambahkan, saat ini tarif jasa penyeberangan masih normal, sesuai Peraturan Bupati Bangli Nomor 551.4/36/2020 tentang tarif angkutan wisata motor boat dan perahu dayung di Danau Batur. Di mana tarif penyeberangan dipatok Rp 583 ribu hingga Rp 595 ribu. "Tarif ini meliputi sewa boat, pengamanan, iuran wajib dan pemandu, hingga jasa raharja," tandasnya. (mer)

 

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved