Liga 1

TEGAS! PSSI Larang Arema FC Jadi Tuan Rumah Di Liga 1, Sanksi Tegas Hingga Ranah Pidana Menunggu

PSSI dengan tegas melarang Arema FC untuk menjadi tim tuan rumah sepanjang Liga 1 Musim 2022-2023

SURYAMALANG.COM/Purwanto
Kerusuhan Suporter Arema FC, Aremania ricuh di Stadion Kanjuruhan usai Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya dengan skor 2-3, pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam. TEGAS! PSSI Larang Arema FC Jadi Tuan Rumah Di Liga 1, Sanksi Tegas Hingga Ranah Pidana Menunggu 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARPSSI dengan tegas melarang Arema FC untuk menjadi tim tuan rumah sepanjang Liga 1 Musim 2022-2023.

Hal ini akibat dari kerusuhan yang terjadi saat pertandingan kontra Persebaya dalam Derby Jawa Timur yang menyebabkan lebih dari 127 suporter meninggal dunia.

Bukan hanya larangan untuk menjadi tuan rumah sepanjang laga di sisa pertandingan di musim 2022-2023, Arema FC juga diprediksi akan mendapatkan sanksi lainnya hingga ranah pidana.

Dilansir laman resmi PSSI, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan duka cita mendalam atas insiden di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

Seperti diketahui, pertandingan Liga 1 musim 2022/2023 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya yang berakhir 2-3 untuk tim tamu berakhir ricuh.

Baca juga: Imbas Tragedi Berdarah Stadion Kanjuruhan, Arema FC Resmi Dilarang Jadi Tuan Rumah Sepanjang Liga 1

Ribuan suporter Arema FC turun ke lapangan meluapkan emosi karena timnya kalah.

" PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan,”

“Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut.

“Untuk itu PSSI langsung membentuk tim investigasi dan segera berangkat ke Malang," kata Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa PSSI mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Apalagi kejadian ini sangat mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," jelas Iwan Bule.

Baca juga: Kronologi Kerusuhan Suporter Liga 1 Indonesia, Gas Air Mata Jadi Pemicu Kerusuhan?

Meski ditunda tapi tidak ada penjelasan apakah penundaan kompetisi berlaku mulai hari ini, Minggu 2 Oktober 2022.

Jika diberlakukan mulai hari ini, maka sejumlah pertandingan sisa di Pekan ke 11 akan berdampak termasuk juga laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta.

Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing sangat menyesalkan kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang kemudian merembet di area di sekitar stadion.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved