Berita Bali

Jelang G20, BMKG Wilayah 3 Siapkan Skenario Persiapan Antisipasi Bencana Alam

Pelaksanaan KTT G20 akan berlangsung sebentar lagi di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

ist
ilustrasi 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Pelaksanaan KTT G20 akan berlangsung sebentar lagi di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk menjaga keamanan dari KTT ini salah satunya yakni BMKG yang telah menyiapkan langkah mitigasi.

Sebelumnya, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan Bali tengah menyiapkan antisipasi skenario terburuk jika terjadi gempa bumi dengan kekuatan 8,5 Magnitudo dan dapat membuat gelombang tsunami dalam waktu 20-38 menit.

Menanggapi hal tersebut, I Nyoman Gede Wiryajaya selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah 3 mengatakan untuk Bali sendiri, pihaknya telah lama melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Kalau untuk Bali secara umum kita sudah dari lama berkoordinasi dengan BPBD, baik dari Provinsi atau Kabupaten ya untuk mengedukasi masyarakat untuk antisipasi saja. Ini kan ada KTT G20 nah itu kita fokuskan dibeberapa lokasi di Bandara, Pelabuhan maupun di tenant-tenant tempat para tamu undangan menginap. Kita fokuskan kesana,” jelasnya pada, Selasa 4 Oktober 2022.

Lebih lanjut, ia mengatakan, beberapa waktu lalu BMKG telah menyiapkan jalur aman dan beberapa persiapan lainnya seperti di Bandara bersama BPBD dan beberapa instansi terkait.

Lebih lanjutnya ia mengatakan perkiraan gempa 8,5 magnitudo ini merupakan hasil kajian.

“Ini kan kemungkinan terburuk itu kajian dan hasil terburuknya didaerah Bali itu gempanya 8,5 magnitudo nya makanya kita antisipsi yang terburuk. Kalaupun dibawah itu kita lebih aman dan lebih siap, tetapi ini bisa terjadi bisa tidak ini kita menyiapkan diri bersmaa komunitas BPBD, jadi semua TNI/Polri kita ajak persiapan kalau terjadi. Semoga tidak terjadi,” tambahnya.

Terlabih daerah yang akan menjadi tempat pelaksanaan KTT G20 ini dekat dengn pantai. Maka dari itu BMKG juga telah membuat jalur-jalur evakuasi hingga tempat aman sementara untuk keselamatan calon peserta KTT G20.

Selain itu BMKG juga akan mempersiapkan informasi mengenai cuaca, baik cuaca untuk penerbangan hingga informasi terkait gempa bumi yang akan dipasang langsung dikawasan BNDCC.

“Bahkan kita buat link khusus untuk itu jadi siapapun dapat menggunakan itu kita juga akan pasang display ya rencananya di BNDCC di tempat untuk pelaksanaan kegiatan maupun di hotel tempat menginap. Kita masih menunggu izin kalau diizinkan kita langsung pasang display sehingga tamu bisa melihat informasi baik cuaca, apalagi Bali sudah memasuki musim hujan. Kita bekerjasama juga dengan BPBD untuk memasang rambu-rambu, sarana-sarana dan sebagainya kita bersama-sama,” imbuhnya. (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved