Breaking News:

Sponsored Content

Jurusan Multimedia Jadi Primadona di SMKN 2 Sukawati

SMK Negeri 2 Sukawati, Gianyar terdapat jurusan multimedia, yang telah berkiprah sejak awal tahun 2010. Jurusan ini merupakan salah satu primadona

TRIBUN BALI/ Wayan Eri Gunarta
Suasana belajar mengajar di Jurusan Multimedia SMKN 2 Sukawati, Gianyar, Bali,Rabu 19 Oktober 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - SMK Negeri 2 Sukawati, Gianyar, Bali bukan hanya memiliki jurusan kriya. Tetapi juga terdapat jurusan multimedia, yang telah berkiprah sejak awal tahun 2010. Jurusan ini merupakan salah satu primadona di sekolah ini dengan jumlah siswa per kelas mencapai lebih dari 30 orang.

Ketua Jurusan Multimedia SMKN 2 Sukawati, Nyoman Khema Putra, Rabu 19 Oktober 2022 menjelaskan, jurusan Multimedia di sekolah ini lahir pada awal 2010 silam. Kelahirannya sebagai respon terhadap perkembangan zaman yang mengarah ke dunia digital. Dan, kala itu pula, SMKN 2 Sukawati yang hanya fokus pada jurusan kriya, mulai kesulitan mendapatkan siswa. 

"Jurusan ini mulai ada pada awal 2010. Awalnya kan di SMKN 2 Sukawati ini hanya ada jurusan kriya. Karena waktu itu kriya mulai kurang peminatnya, lalu dibuatlah jurusan multimedia," ujar Khema.

Sejak berkiprah tahun 2010, Khema mengungkapkan sampai saat ini pihaknya hanya bisa menerima siswa maksimal dua kelas per jenjang pendidikan. Yakni, kelas 10 dua kelas, kelas 11 dua kelas dan kelas 12 dua kelas. "Rata-rata per kelas ada 32 sampai 36 siswa," ujarnya. 

Khema mengatakan, kemungkinan  di tahun depan, jurusan Multimedia akan berganti nama menjadi Design Komunikasi Visual (DKV). Hal itu untuk menyelaraskan penerapan kurikulum merdeka. "Karena masih masa peralihan antara K13 ke kurikulum merdeka. Makanya kita masih pakai nama Multimedia. Tahun depan kita tak lagi memakai Multimedia," ujarnya.

Adapun konsentrasi jurusan ini, kata Khema, mengarah pada design grafis yang condong pada perpaduan teknologi dan seni. "Di sini seni grafis dan teknologi dibantu peralatan, dari komputer, kamera, editing, hingga  studio fotografi. Itu menjadi fokus kita. Adapun tenaga pengajar yang kita punya sebanyak 4 orang guru PNS, dan 2 orang honorer," ungkapnya.

Adapun fasilitas yang dimiliki jurusan Multimedia SMKN 2 Sukawati cukup lengap. Mulai dari empat laboratorium dan satu studio foto. Dari segi peralatan, terdapat kamera, komputer untuk setiap siswa sebagai dasar praktik dan peralatan pendukung seperti printer. 

Terkait kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Khema Putra mengatakan sejak dua tahun lalu, PKL siswa di sini selama enam bulan dari sebelumnya hanya tiga bulan. "PKL diadakan di kelas 11 semester genap. Biasanya lebih banyak ke bidang grafis. Misalnya di studio foto, media elektronik seperti Kompas TV, percetakan dan print digital. Sebagian besar kita lakukan di swasta. Dulu pernah di ISI Denpasar di bagian dokumen video tapi itu sesuai permintaan. Di sini kita berikan anak-anak memilih lokasi dimana mereka mau PKL, tapi kalau ada anak yang tak dapat tempat PKL, kita lah yang mencarikan," ujarnya. 

Khema mengungkapkan bahwa jurusan Multimedia juga memiliki program pendidikan khusus untuk siswa Papua. Biasanya mereka belajar di sini mulai dari nol, atau belum pernah menyentuh komputer. Karena itu, terkadang ketika mereka PKL, siswa Papua hanya diberikan jenjang waktu tiga bulan, dan siswa tiga bulannya lagi mereka akan mendapat bimbingan khusus hingga mahir dan bisa terjun ke dunia kerja. 

"Anak PKL kita monitor setiap sebulan sekali. Kita ingin tahu, apakah anak itu masih perlu bimbingan atau tidak. Sejauh ini ada beberapa yang harus dibimbing. Biasanya anak adem (Papua) karena mereka datang ke sini memang dari nol. Jika saat PKL kemampuannya memang kurang, kita kasi PKL 3 bulan saja. Dan 3 bulan kita bimbing lagi. Karena ini memang program pemerintah pusat," ujarnya.

Saat ini, kata Khema, sudah ada empat siswa Papua yang lulus dari sekolah ini. "Dari Papua yang tamat 4 orang, sejak tahun 2017. Yang tamat sudah ada yang bekerja, kuliah dan jadi tentara," ujarnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved