Music Zone

Jelang Tour ke Jepang, Soul And Kith Rilis "Huretoy Kor Kamuy"

Duo folk rock, Bali, Soul And Kith akan menyambangi negeri sakura, Jepang. Sebelum lawatannya ke Jepang, band yang diawaki Aik Krisnayanti dan Michael

Istimewa
Soul And Kith 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Duo folk rock, Bali, Soul And Kith akan menyambangi negeri sakura, Jepang.

Mereka menggelar tournya yang direncanakan dihelat mulai tanggal 12 hingga 17 November 2022.

Sebelum lawatannya ke Jepang, band yang diawaki Aik Krisnayanti dan Michael Perwira terlebih dahulu akan melepas single berjudul "Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah)".

Single terbaru ini dirilis dipelbagai platform musik digital, 9 November 2022.

Baca juga: Direnovasi Supaya Lebih Manusiawi, Stadion Kanjuruhan akan Single Seat


"Single Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah) menjadi kado spesial dari rangkaian tour Soul And Kith di Jepang tanggal 12 sampai dengan 17 November 2022," terang Aik. 


Lahirnya single "Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah)" ini terinspirasi dari kehidupan suku Ainu. Suku Ainu merupakan suku asli dari pedalaman Hokkaido Jepang


"Kami terinspirasi dari kehidupan suku Ainu yang penuh syukur hidup selaras bersama alam. Suku Ainu dikenal dengan cara mereka memandang dunia, dengan kebudayaan yang begitu kental, dimana mereka mensakralkan setiap bentuk kehidupan yang ada," tutur Aik. 

Baca juga: Bukan Avatar, Musisi Bali Baru Legend Of Enk Luncurkan Single Perdananya


Lebih lanjut Aik menjelaskan, budaya menghormati dan bersyukur merupakan bagian keseharian dan kebudayaan suku Ainu, yang kemudian dituangkan kedalam nyanyian dan tari.

"Ritme suara yang disenandungkan suku Ainu merupakan perwakilan dari setiap suara alam yang saling mengisi satu sama lainnya menjadi harmoni. Sedangkan gerakan tari mereka yang berulang tanpa akhir mewakilkan simbol kehidupan yang terus beregenerasi," paparnya. 


Dari kehidupan Suku Ainu, rasa yang sama kemudian ditumpahkan melalui single "Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah)". Simbol "Tanah Merah" sebagai representasi hidup, dengan warna merah sebagai arti ketenangan yang menyimpan sejuta gairah, keseimbangan dan kekuatan.

Sementara “Spirit / jiwa” yang dimaksud adalah wujud kesadaran dan keselarasan hidup bersama alam beserta isinya. Ini dapat dimulai dari hubungan sesama manusia sebagai individu dengan individu lainnya.


Inspirasi nan kuat pun tersirat dalam proses pembuatan single "Huretoy Kor Kamuy (The Spirit of Tanah Merah)", terutama pada bagian lirik dan bahasa.

Soul And Kith sebagian besar menggunakan bahasa asli suku Ainu di dalam lagu ini. Yang mana bahasa suku Ainu begitu unik dan khas dalam mencerminkan rasa terhadap alam dan sesama. 


"Dalam proses penulisan liriknya, Soul And Kith berkesempatan untuk berkomunikasi dan mendapat bantuan dalam proses kurasi lirik dari Oki Kano, yang merupakan seorang musisi asli suku Ainu yang sudah dikenal di Jepang," imbuh Michael Perwira. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved