G20 di Bali

Jelang Perhelatan KTT G20 di Bali, Jenderal TNI Andika Perkasa: Ada Serangan Siber

Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa sebut ada potensi serangan siber jelang perhelatan KTT G20.

(Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra)
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Sebut ada serangan siber jelang KTT G20. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa sebut ada potensi serangan siber jelang perhelatan KTT G20.

Hal tersebut disampaikannya saat ditemui awak media usai Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung Tahun 2022 di Lapangan Bajra Sandhi, Denpasar pada Senin 7 November 2022.

Jenderal TNI Andika Perkasa menyebut, terdapat potensi serangan siber jelang perhelatan KTT G20.

“Sejauh ini, secara umum ini, selain siber, kelihatannya belum ada yang signifikan. Tapi kalau siber, harus saya akui memang ada,” ucap Jenderal TNI Andika Perkasa pada Senin 7 November 2022.

Serangan tersebut diketahui TNI saat menggelar simulasi soal serangan siber. Secara kebetulan, serangan siber sungguhan memang terlacak.

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Sebut ada serangan siber jelang KTT G20.
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Sebut ada serangan siber jelang KTT G20. ((Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra))

Kendati mendapat serangan siber, Jenderal TNI Andika Perkasa tak mau mengungkap secara detail kelompok mana yang melakukan serangan siber tersebut.

“Siber ini saya tidak mau (diungkap) detailnya. Tapi yang jelas, kita bersama BSSN, bersama BIN, bersama Polri juga sudah berkali-kali untuk mencoba melakukan simulasi dan kebetulan juga ada gangguan yang real atau beneran,” ungkap Panglima TNI saat ditemui awak media usai Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2022.

Jenderal TNI Andika Perkasa menuturkan, serangan tersebut justru membuat pertahanan dari serangan siber menjadi semakin matang.

“Itu justru membuat kami semakin matang sebenarnya. Serangan-serangan itu, bagaimana kemudian kami merespon, seberapa cepat kami merespon, itu sebetulnya membuat kami lebih siap,” pungkas orang nomor satu di TNI itu.

Di Akhir, Panglima TNI mengajak segenap masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan dalam bidang pengamanan siber, untuk turut membantu pengamanan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved