G20 di Bali

Update : Presiden Mexico Diwakili Menlu, Presiden Brazil Hadir Secara Daring di KTT G20

Update : Presiden Mexico Diwakili Menlu, Presiden Brazil Hadir Secara Daring di KTT G20

(Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi saat meninjau secara sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20, pada Selasa (08/11/2022). 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah Indonesia, hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. 

Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo, adalah 36 orang dari total 41 peserta. 

Tertulis pada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri RI, disebutkan bahwa dari pihak negara anggota G20, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. 

Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual. 

Pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person). 

Dari pihak undangan, Pemerintah Fiji karena tengah menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy). Disamping itu Presiden Ukraina juga berpartisipasi secara virtual.

Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved