G20 di Bali

Iringi Kepergian Melalui Bandara Ngurah Rai Usai KTT G20, Sandiaga Uno Ungkap Keinginan Joe Biden

Iringi kepergian Presiden Amerika Serikat melalui Bandara Ngurah Rai usai KTT G20, Sandiaga Uno ungkap keinginan Joe Biden.

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengantar Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rabu 16 November 2022 sore. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) G20 ke-17 tahun 2022 di Bali telah resmi ditutup dan Presidensi G20 diserahkan ke Presiden India.

Seiring dengan suksesnya pelaksanaan G20, seluruh pemimpin negara sekaligus para delegasi yang hadir dalam G20 pun meninggalkan Bali. 

Tak terkecuali Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Politikus dari Partai Demokrat itu diantar langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno hingga ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rabu 16 November 2022 sore. 

Walau berlangsung singkat, Sandiaga Uno mengungkapkan pesan serta kesan Joe Biden selama tiga hari, tepatnya sejak Minggu 13 November 2022 tinggal di Bali.

"Saya sempat melepas beliau atas nama bangsa dan negara, atas tugas dan arahan Bapak Presiden Jokowi, beliau menyampaikan tiga hal yang sangat hangat dan penuh persahabatan," ungkap Sandiaga Uno.

"Pertama, beliau mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan penyelenggaraan G20 yang baik, dan beliau menyampaikan sangat senang berada di Bali," sambungnya. 

"Tapi yang menarik bahwa beliau tidak ingin pulang, beliau sebetulnya ingin memperpanjang tinggalnya," tambah Sandiaga.

Keinginan itu katanya disampaikan Joe Biden merujuk pengalaman ketika menyusuri Pantai Nusa Dua pada beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Pengaturan Kedatangan Tamu VVIP KTT G20 dan Penerbangan Reguler di Bandara Ngurah Rai Berjalan Baik

Joe Biden mengaku telah jatuh cinta dengan indahnya pemandangan pesisir Pulau Dewata.

"Jika saya bisa mengutip, ini yang disampaikan beliau, 'Pak Menteri terima kasih banyak atas keramahannya, terima kasih banyak atas kesuksesan G20, Anda telah membuat saya tinggal di pantai, sangat menyenangkan, meskipun saya hanya mengambil satu tempat untuk berjalan di sepanjang pantai, tetapi saya melihatnya sangat indah, saya ingin tinggal lebih lama, saya merasa di rumah, dan saya tidak ingin pulang'," ungkap Menparekraf Sandiaga.

"Terima kasih banyak pak Presiden, terima kasih banyak atas dukungan G20 di kepresidenan Indonesia dan pernyataan bapak sangat kuat," tambahnya mengulang pernyataan Joe Biden

Walau singkat, pesan yang disampaikan Joe Biden diungkapkan Sandiaga Uno memiliki makna mendalam. 

Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya menghargai ramah tamah masyarakat serta kepemimpinan Indonesia dalam rangkaian G20.

"Ini singkat pembicaraan, tapi penuh dengan makna. Tentunya potensi bagi kita menggunakan kesempatan ini sebagai momen untuk menjalin kerjasama dan mempererat hubungan dengan seluruh negara sahabat," demikian kata Sandiaga.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved