Berita Denpasar

Masuk Nominasi BUMN CSR Award 2022, Telkom Salurkan Dana 3,6 M Untuk UMKM Binaan

Masuk Nominasi BUMN CSR Award 2022, Telkom Salurkan Dana 3,6 M Untuk UMKM Binaan

Tribun Bali/ Ni luh Putu Wahyuni Sari
PT. Telkom Indonesia Witel Denpasar kembali masuk dalam ajang pengahargaan BUMN CSR Award. 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - PT. Telkom Indonesia Witel Denpasar kembali masuk dalam ajang pengahargaan BUMN CSR Award. Ketika ditemui, Anak Agung Gede Pemayun selaku Deputi General Manager Witel Telkom Denpasar mengatakan ini kelima kalinya Witel Telkom Denpasar masuk dalam BUMN CSR Award. 

“Hari ini terdapat panitia CSR award untuk melaksanakan penilaian atas kegiatan CSR dimana kali ini sudah masuk tahun kelima dan merupakan kegiatan rutin tahunan dan tahun kelima untuk dilakukan penilaian,” jelasnya pada, Kamis 24 November 2022. 

Sebelumnya pada Tahun 2018, 2019 dan 2020 Telkom Witel Denpasar meraih CSR award untuk kategori Gold kemudian di Tahun 2021 karena berturut-turut mendapatkan penghargaan Gold, Telkom memperoleh penghargaan platinum dan di Tahun 2022 kembali untuk penilaian gold atau silver yang nantinya ditentukan dari hasil penilaian. 

“Untuk Telkom sudah hampir 99 persen kegiatan kita sustain, berjalan dilakukan secara konsisten dan kemudian ada 1 persennya yang perlu kita perbaiki dan itu nanti pleno lagi dari dewan juri,” katanya. 

Selain itu, Telkom mendukung kegiatan pengembangan masyarakat melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dan Program Pemberdayaan Sosial, Ekonomi dan Lingkungan (PSEL). Program PUMK merupakan program penyaluran dana bergulir untuk membiayai modal kerja dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan para pelaku UMKM dengan sector usaha industry, perdagangan,pertanian,peternakan,perkebunan,perikanan, jasa dan sector lainnya. 

Sedangkan melalui program PSEL, Telkom memberikan bantuan  program bina lingkungan yang meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan atau pelatihan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan prasarana/sarana umum, bantuan sarana ibadah,  bantuan kelestarian alam dan bantuan social kemayarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Telkom telah menjalankan progam kerja PUMK dengan menyalurkan dana bergulir dengan para UMKM sejak tahun 2002. Untuk tahun 2022 sendiri sampai triwulan 3, Telkom telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 3,6 M kepada 111 mitra binaan.

Penilaian CSR Award BUMN setiap tahunnya memiliki indikator yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan hidup kemudian dibidang media sosial, hospitality dan hukum. Jadi dari 45 penilaian sub indikator yang dinilai memang hampir 99 persen di Telkom sudah terlaksana. 

“Kita akan evaluasi bagaimana feedback dari masyarakat yang akan random diambil pada saat ke lapangan. Karena program CSR sangat diharapkan tepat guna, tepat sasaran kemudian pendukungan program pemerintah dan juga berkelanjutan, ini yang akan kita lihat kembali sejauh mana konsisten daripada PT. Telkom melaksanakan ini,” kata, Dr. Anak Agung Elie Astari Ketua Dewan Juri penilaian BUMN di PT. Telkom. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved