Berita Tabanan

Happy Hours Hadi Magnet Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Tanah Lot

Happy Hours Hadi Magnet Tingkatkan Kunjungan ke Tanah Lot, 3.500-an Kunjungan Wisatawan Domestik dan Asing Per Hari ke Tanah Lot

ist
3.500-an Kunjungan Wisatawan Domestik dan Asing Per Hari ke Tanah Lot 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Akhir tahun 2022 ini, kunjungan pariwisata ke DTW (Daerah Tujuan Wisata) Tanah Lot sekitar 40 persenan. Meski tidak signifikan meningkat atau pulih seperti sebelum pandemi Covid-19. Namun, manajemen tetap berupaya untuk memanjakan para pengunjung. Baik wisatawan domestik atau asing. Hal itu dengan digelarnya acara “ Happy Hours”, yang dilakukan setiap akhir pekan atau pada Sabtu dan Minggu di bulan penutup tahun ini.

Assisten Manager DTW Tanah Lot, Putu Toni Wirawan mengatakan, bahwa pihaknya menggelar Happy Hours untuk menarik minat dan apresiasi kepada pengunjung di DTW Tanah Lot. Dimana, setiap akhir pekan pihanya memberikan atau menjalin keakraban dengan wisatawan dengan hidangan-hidangan di DTW tanah lot. Misalnya saja, memberikan secara gratis berupa camilan, klepon, jagung urap, kemudian teh dan kopi. Yang dimana kudapan-kudapan itu diberikan secara gratis.

“Jadi itu yang bisa kami lakukan sementara ini di DTW Tanah Lot,” ucapnya Selasa 6 Desember 2022.

acara “Happy Hours”, yang dilakukan setiap akhir pekan atau pada Sabtu dan Minggu di Tanah Lot
acara “Happy Hours”, yang dilakukan setiap akhir pekan atau pada Sabtu dan Minggu di Tanah Lot (Istimewa)

Toni mengaku, bahwa untuk perekonomian di DTW Tanah Lot sudah menggeliat. Contohnya, adalah para pedagang mulai dari dagang rujak klepon dan lainnya sudah mulai aktif dan informasi dari pedagang sudah mulai ada hasil. Karena itu, pihaknya pun berencana meningkatkan kunjungan di tahun depan. Salah satunya, ialah mulai akhir tahun akan membuat hiburan-hiburan dan bertemu langsung dengan pelaku pariwisata. Mulai tour guide dan lain sebagainya.

“Tujuan open house nanti di akhir tahun adalah bagaimana kita sama-sama merancang kunjungan tahun depan. Apa yang bisa dikomunikasikan untuk perbaikan layanan hingga meningkatkan kunjungan,” ungkapnya.

Dan di tahun 2023, sambungnya, pihaknya akan mengagendakan untk melaksanakan festival. Biasanya festival DTW Tanah Lot itu diadakan pada Bulan Agustus 2023. Dan kerapnya, adalah festival seni dan budaya. Misalnya saja, menggandeng ukm-ukm Tabanan di isi dnegan kesenian Baleganjur tarian dan kesenian lainnya.

“Ya kami rencanakan 2023. Biasanya pada bulan Agustus ya Festival Tanah Lotnya,” ujarnya.

Terkait dengan kunjungan, sambungnya, bahwa kunjungan ke DTW Tanah Lot per hari mencapai 3.500-an wisatawan. Baik domestik dan asing. Misalnya saja dari Asia, ada dari India, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura dan Philipina yang berkunjung ke Tanah Lot. Kemudian dari Eropa, ada wisatawan dari Perancis, Jerman Polandia. Kemudian, ada wisatawan juga dari Australia dan Amerika di kunjungan yang tidak terlalu dominan.

Sedanngkan untuk liburan di High season, dan liburan sekolah atau Natal dan Tahun Baru (Nataru), tentu prediksi pihaknya akan ada peningkatan. Dan sudah disiapkan untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes). Dimana sesuai atensi pihak kepolisian juga, menjelang Nataru ini. Manajemen sudah siap semua dengan aktifnya PeduliLindungi dan tempat cuci tangan. Tamu yang masuk tentu  berjalan untuk mematuhi seluruh prokes.

“Peningkatan perkiraan 40 persenan (sebelum nataru). Tapi kalau di akhir tahun ini kemungkinan 50 persenan. Dari data kemarin 3.000-an hingga 3.500. Kalau weekend, bisa sampai 5.200-an pengunjung. Tapi tetap tidak tentu. Bisa memang di hari kerja tertentu yang akan naik tinggi,” bebernya.

Ia menambahkan, bahwa untuk libura akhir tahun ini pihaknya tetap bekerjasama dnegan pihak travel agent. Karena memang yang lebih dominan ialah tamu domestik. Mancanegara untuk rombongan cukup jarang yang hadir. Kecuali hanya pribadi masing-masing WNA. “Dulu rombongan dari China paling banyak. Sekarang jarang. Kemungkinan juga karena China belum mulai membuka, karena memang ada pembatasan di negaranya,” imbuhnya. (*).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved