Berita Denpasar

Forkompinda Denpasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru, Harga Bawang Putih & Beras Naik

Forkompinda Kota Denpasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru, Harga Bawang Putih dan Beras Naik

Penulis: Putu Supartika | Editor: Fenty Lilian Ariani
TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Pelaksanaan pemantauan harga kebutuhan pokok jelang Nataru di Pasar Badung 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Harga bawang putih di Pasar Badung Kota Denpasar mengalami kenaikan sejak seminggu lalu.

Dimana menurut salah seorang pedagang bumbu, Vina mengatakan harga bawang putih sebelum naik Rp 20 ribu. Kini naik menjadi Rp 23 ribu sampai Rp 24 ribu.

Sementara untuk harga bawang merah masih normal. Dimana kisaran harganya Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu tergantung jenis bawang merah.

"Bawang merah Bima Rp 36 ribu sampai Rp 37 ribu. Kalah bawang merah Jawa Rp 35 ribu," kata Vina yang diwawancarai Kamis, 15 Desember 2022.

Sementara untuk harga cabai harganya naik turun dan terakhir Rp 40 ribu per kg.

Selain bawang putih, dalam pemantauan yang dilakukan oleh Forkompinda Kota Denpasar di Pasar Badung, harga beras juga mengalami kenaikan.

IGN Jaya Negara mengatakan pengecekan bahan pokok oleh Forkompinda Denpasar
IGN Jaya Negara mengatakan pengecekan bahan pokok oleh Forkompinda Denpasar dilakukan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok di Denpasar.

Dimana untuk beras putri sejati yang awalnya kisaran Rp 55 ribu, naik menjadi Rp 64 ribu untuk kemasan 5 kg. Kenaikan beras ini terjadi sejak November 2022.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan pengecekan bahan pokok oleh Forkompinda Denpasar dilakukan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok di Denpasar.

Dimana harga kebutuhan yang dicek yakni beras, minyak, cabe, dan bawang.

“Di Denpasar untuk suplay kebutuhan pokok kami sudah memiliki unit Usaha Sewaka Jaya sehingga bisa mengendalikan harga,” katanya.

Jaya Negara mengatakan, pemantauan harga ini merupakan instruksi dari Mendagri untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan kebutuhan menjelang natal dan tahun baru.

“Untuk bulan ini inflasi di Kota Denpasar cuma naik 0,11 persen. Sehingga cukup terkendali dan toleransinya bagus,” katanya.

Sementara itu, dari data Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar untuk di Pasar Badung, harga kebutuhan pokok di Kota Denpasar yakni bawang merah kisaran Rp 22.500.

Cabe rawit Rp 25.000 per kg, cabe merah besar Rp 15 ribu, telor Rp 44.000, beras putri Rp 11.800 per kg,  mie instan Rp 2.750. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved