Hari Raya Imlek

Toleransi Umat Beragama, Banser NU Turut Amankan Perayaan Imlek di Vihara Satya Dharma Benoa Bali

Toleransi umat beragama, Banser NU turut amankan perayaan Imlek di Vihara Satya Dharma Benoa Bali.

Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra
Foto bersama antara Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Made Uder, Kapolsek Denpasar Timur dan sejumlah personel Banser NU di Vihara Satya Dharma pada 22 Januari 2023. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Banser NU (Barisan Serbaguna Nahdlatul Ulama) PAC Denpasar Selatan turut amankan persembahyangan Umat Khonghucu dalam rangka tahun baru Imlek di Vihara Satya Dharma, Benoa, Bali pada Minggu 22 Januari 2023.

Tampak pasukan Banser NU hadir dengan mengenakan seragam loreng dengan tulisan Banser di dada kirinya.

Pasalnya, 7 Banser NU yang turut melaksanakan pengamanan di Vihara Satya Dharma telah berada di lokasi sejak pagi hari.

Personel Banser NU mendapat posisi pengamanan di pintu masuk Vihara Satya Dharma, Benoa, Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Hambali selaku Ketua Banser NU PAC Denpasar Selatan menuturkan, kolaborasi antara Banser NU dan Vihara Satya Dharma telah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita selalu bersinergi dengan Vihara Satya Dharma. Dari awal kita sudah bersinergi. Sudah turun temurun,” ujar Hambali saat ditemui Tribun Bali di Vihara Satya Dharma.

Bergabungnya Banser NU dalam pengamanan tersebut merupakan inisiatif dari Banser NU sendiri.

Kendati merupakan inisiatif, Hambali menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Denpasar Selatan, Polresta Denpasar dan pihak Vihara Satya Dharma.

“Sebenarnya dari banser sudah berinisiatif untuk ini. Dari sebelumnya kita juga sudah berkolaborasi dengan Polsek, Polresta dan Vihara sendiri,” ujarnya.

Baca juga: Libur Imlek, Kunjungi 3 Rekomendasi Pantai di Seminyak Bali Ini untuk Melihat Sunset yang Keren

Hambali berpandangan, inisiatif Banser NU untuk ikut melakukan pengamanan di Vihara Satya Dharma lantaran ia merasa urusan soal perbedaan keyakinan bukan lagi menjadi perdebatan.

Sebagai masyarakat yang berada di bawah naungan NKRI, sudah sepatutnya untuk saling berkolaborasi.

“Kalau Banser sendiri, untuk perbedaan itu sudah selesai urusannya. Kita itu warga Indonesia sudah sepatutnya kita berkolaborasi,” jelas Hambali saat ditemui Tribun Bali pada Minggu 22 Januari 2023.

Sejalan dengan Hambali, Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol I Made Uder mengungkapkan, inisiatif Banser NU untuk ikut melakukan pengamanan di Vihara Satya Dharma merupakan bentuk kemurnian Banser.

Ia berharap, kolaborasi di tengah masyarakat dapat terus terjaga.

“Itu (pengamanan) kemurnian Banser. Itulah Bali. Ini bukan tahun ini saja tetapi sudah dari tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan Bali bisa terjaga kolaborasi diantara yang terkait,” pungkas Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol I Made Uder.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved