Advent Bangun Meninggal Dunia, Pengakit Ini Tak Diketahui Menggerogoti Sejak 10 Bulan Terakhir

Pihak keluarga mendiang Advent Bangung mengatakan, aktor film laga Rajawali Sakti itu tidak menyangka bahwa tubuhnya telah digerogoti

Advent Bangun Meninggal Dunia, Pengakit Ini Tak Diketahui Menggerogoti Sejak 10 Bulan Terakhir
KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN
Advent Bangun di tempat persemayaman di Jalan Kecapi, Jagakasa, Jakarta Selatan. Ia meninggal dunia pada Sabtu (10/2/2018) di usia 65 tahun lantaran penyakit diabetes. 

TRIBUN-BALI.COM - Pihak keluarga mendiang Advent Bangung mengatakan, aktor film laga Rajawali Sakti itu tidak menyangka bahwa tubuhnya telah digerogoti penyakit diabetes dalam 10 bulan terakhir.

"Sudah 10 bulan terakhir. Ia enggak sadar sudah diabetes," ujar keponakan Advent, Harun Tambun, kepada Kompas.com di rumah duka Jalan Kecapi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Baca : Purna di Dunia Perfilman, Aktor Berbakat Advent Bangun Memilih Mengabdi di Jalan Tuhan

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya di usia 66 tahun pada Sabtu pagi tadi, Advent diketahui telah menjalani cuci darah lantaran diabetes yang dideritanya sudah menyerang ginjal dan menyebabkan penyakit komplikasi.

"Karena diabetes. Diabetes berdampak kepada komplikasi ginjal dan dia harus cuci darah," kata harun. 

Untuk diketahui, setelah stroke dan jantung, ginjal adalah salah satu komplikasi yang paling sering dialami oleh penyandang diabetes melitus.

Prevalensi kejadiannya bahkan mencapai 30 persen dan diabetes disebut sebagai penyebab cuci darah kedua tertinggi di Indonesia, setelah hipertensi.

Ginjal berfungsi sebagai penyaring dalam tubuh, dan kadar gula yang tinggi secara menahun akan menganggu fungsi ginjal.

Lama-kelamaan, ginjal akan perlu terapi pengganti dengan cuci darah yang harus dilakukan tiga kali seminggu atau transplantasi ginjal. (*)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan Judul: Advent Bangun Tidak Sadar Derita Diabetes Selama 10 Bulan Terakhir

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved