Fadli Zon Sebut Klaim Keberhasilan Pemerintah Bangun Ekonomi Bodohi Publik, Ini Sebabnya

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menegaskan yang disebut infrakstruktur publik adalah jalan nasional, jalan kabupaten, dan sejenisnya.

Fadli Zon Sebut Klaim Keberhasilan Pemerintah Bangun Ekonomi Bodohi Publik, Ini Sebabnya
Fadli Zon dan Jokowi. - Kolase Tribun Jabar 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon melihat klaim-klaim keberhasilan pembangunan ekonomi pemerintah cenderung membodohi publik.

Fadli memberikan contoh pembangunan jalan tol.

 
"Jalan tol itu sebagian adalah infrastruktur swasta, bukan infrastruktur publik, bagaimana ceritanya pembangunan jalan tol diklaim sebagai prestasi pembangunan? Itu tak ada bedanya jika ada Bupati mengklaim pembangunan mal di kotanya sebagai prestasi pemerintah daerah," kata Fadli melalui keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

"Klaim yang sangat menggelikan. Dengan kata lain, tol berbayar adalah bentuk berbisnis dengan rakyat bukan pelayanan," imbuhnya.

 
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menegaskan yang disebut infrakstruktur publik adalah jalan nasional, jalan kabupaten, dan sejenisnya.

Bukan jalan tol, karena masyarakat harus membayar jika ingin menggunakan jalan tol.

Baca: Jokowi Pesan Drum, Fadli Zon Gitar, Adang: Bangga Produk Bambunya Dibeli Presiden

"Masalahnya, alih-alih memperbaiki jalan lintas Sumatera, misalnya, atau jalan-jalan arterinya yang rusak, Pemerintah malah berniat membangun jalan tol lintas Sumatera. Lalu di mana sifat ‘publik’-nya?," ujar Fadli Zon.

Selain itu, Fadli menyebut klaim keberhasilan pembangunan jalan tol itu bukan hanya membodohi.

Baca: Dapat Tantangan Debat Budiman Sudjatmiko, Begini Jawaban Fadli Zon dan Dahnil Anzar

Namun juga tak mendidik masyarakat mengenai paradigma kebijakan transportasi yang benar.

Menurutnya, jalan tol adalah obsesi pembangunan yang salah, karena jalan tol yang kini ada sebenarnya hanyalah infrastruktur bagi kendaraan pribadi, hanya memberikan insentif bagi pengguna kendaraan pribadi atau operator transportasi yang bersifat privat.

"Padahal yang mestinya dibangun pemerintah adalah sarana transportasi publik berbasis rel, bukannya jalan tol," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Fadli Zon: Klaim Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Jokowi Cenderung Membodohi Publik, 

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved