Agustinus Ngamel Sebut Ikuti Perkembangan Sport Science Merupakan Hal Penting untuk Pelatih Atletik

Agustinus Ngamel merupakan salah satu perwakilan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia yang ditunjuk untuk memberikan materi

Agustinus Ngamel Sebut Ikuti Perkembangan Sport Science Merupakan Hal Penting untuk Pelatih Atletik
Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Agustinus Ngamel saat memberikan materi coaching clinic di KONI Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelatih Pelatnas PB PASI sekaligus Anggota Komisi Pembinaan Junior dan Remaja PB PASI, Agustinus Ngamel mengatakan mengikuti perkembangan sport science merupakan hal yang penting bagi pelatih atletik.

Agustinus Ngamel merupakan salah satu perwakilan  Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang ditunjuk oleh PB PASI untuk memberikan materi di coaching clinic pada acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengprov PASI Bali masa bakti 2018-2022.

Ia mengungkapkan para audiens yang berasal dari pelatih atletik se-Bali maupun pengurus pencab/pengkot PASI di Bali memberikan respons yang cukup bagus saat ia memberikan materi.

“Kebetulan saya ditugaskan oleh PB PASI untuk memberikan materi coaching clinic buat rekan-rekan, kebetulan saya coach sprint 100 meter jadi saya kasih materi sprint 100 meter. Respon dari audiens cukup bagus, ternyata mereka ingin sekali mengimprovisasikan atlet-atletnya, banyak yang ‘lapar’ atas informasi sport science, banyak juga (muncul) pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya saya pikir cukup penting ya bagi pelatih-pelatih daerah,” ucapnya di KONI Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (9/2/2019).

Baca: Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bali Fokus ke Persiapan PON 2020

Baca: Ipin Masih Fokus Latihan Fisik, Persiapan Atlet Tinju Denpasar Sambut Porprov Bali 2019

Baca: PSPS Bakti Negara Gubernur Cup 2019 Ajang Penjaringan Atlet Silat Berprestasi

Ia menuturkan, mengikuti perkembangan sport science merupakan hal yang sangat penting bagi pelatih atletik yang ada di daerah-daerah agar tidak salah menganalisis ataupun memberikan teknik yang baik untuk para atlet.

 “Dia (pelatih) harus meng-update terus segala bentuk informasi menyangkut sport science karena semuanya berkembang gitu, kayak contoh tadi latihan kordinasi yang masih lari (sambil) nendang kayak atlet bola itu sudah salah, karena sport science terus berkembang, jadi coach mesti update terus. Selain lewat experience/pengalaman seorang coach juga harus diisi dengan informasi yang tepat, benar dan ter-update mengenai sport science biar gak salah dalam menganalisa, mengidentifikasi suatu teknik yang salah ataupun bentuk metode latihan yang salah, jadi semua mesti update-update terus,” lanjutnya.

Agustinus menambahkan, di dalam sport science terdapat banyak hal seperti metode latihan, gizi, recovery yang benar, cara melakukan identifikasi bakat yang benar dan sebagainya. Hal tersebut pun dapat membantu meningkatkan prestasi atlet. (*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved