39.210 Surat Suara di Bangli Rusak, KPU Bangli Lakukan Koordinasi dengan KPU Pusat

Sepekan sejak dimulainya pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli telah menemukan puluhan ribu surat suara yang dinyatakan rusak

39.210 Surat Suara di Bangli Rusak, KPU Bangli Lakukan Koordinasi dengan KPU Pusat
Tribun Bali/Fredey Mercury
Ketua KPU Bangli, I Putu Pertama Pujawan tunjukkan surat suara yang rusak terkena tinta pada satu kolom nama caleg. Selasa (26/2/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Sepekan sejak dimulainya pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli telah menemukan puluhan ribu surat suara yang dinyatakan rusak.

Berdasarkan pendataan sementara, kerusakan paling banyak terdapat di Daerah Pemilihan (Dapil) Bangli 1 dan Dapil Bangli 5.

Ketua KPU Bangli, I Putu Pertama Pujawan, saat ditemui Selasa (26/2/2019) membenarkan jika kebanyakan surat suara yang rusak terdapat di Dapil Bangli 1 dan Dapil Bangli 5.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa kerusakan surat suara sejatinya tidak hanya terdapat di dua Dapil tersebut, namun juga ditemukan pada dapil lainnya.

Pujawan menyebutkan, berdasarkan pendataan kerusakan surat suara sementara per masing-masing Dapil, di Dapil Bangli 1 terdata sebanyak 19.488 dari kebutuhan sebanyak 41.911, Dapil Bangli 2 terdata sebanyak 254 dari kebutuhan sebanyak 39.397, Dapil Bangli 3 terdata sebanyak 1.046 dari kebutuhan sebanyak 40.859, Dapil Bangli 4 terdata sebanyak 298 dari total kebutuhan sebanyak 40.906, serta Dapil Bangli 5 terdata sebanyak 18.124 dari total kebutuhan 33.446.

“Secara keseluruhan total kerusakan mencapai 39.210. Dan memang di dua dapil itu yang terbanyak,” ujarnya.

Menurut Pujawan, kerusakan ini terjadi akibat proses pencetakan yang dinilainya kurang rapi.

Pasalnya, pada salah satu kolom nama calon legislatif (caleg) terdapat tanda noda hitam.

Tanda inilah yang dinilai Pujawan mampu memicu suatu anggapan bahwa KPU Bangli memberikan penandaan, sehingga berdampak merugikan dan menguntungkan salah satu peserta pemilu.

“Selain ada noda, kerusakan juga karena surat suara robek, hingga berlubang,” bebernya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved