Soekarno Disebut Kerap Semadi di Pura Dalem Madura, Tampaksiring, Genah Nunas Tamba

Pura Dalem Madura disebut-sebut sebagai tempat semadi Soekarno. Pura ini berada di Banjar Kelodan, Desa/Kecamatan Tampaksiring, merupakan desa tua, y

Soekarno Disebut Kerap Semadi di Pura Dalem Madura, Tampaksiring, Genah Nunas Tamba
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Pura Dalem Madura disebut-sebut sebagai tempat semadi Soekarno. Pura ini berada di Banjar Kelodan, Desa/Kecamatan Tampaksiring, merupakan desa tua, yang sudah ada sejak zaman kerajaan Ida Dalem Pemayun. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Pura Dalem Madura disebut-sebut sebagai tempat semadi Soekarno.

Pura ini berada di Banjar Kelodan, Desa/Kecamatan Tampaksiring, merupakan desa tua, yang sudah ada sejak zaman kerajaan Ida Dalem Pemayun.

Bahkan Presiden Indonesia pertama, Soekarno kerap bertapa semadi di pura tersebut.

Penglingsir Banjar Kelodan, Gusti Mangku Pepasih XII, yang juga Ketua PHDI Kecamatan Tampaksiring mengatakan, odalan di Pura Dalem Madura jatuh setiap Anggara Kasih Medangsia,.

Saat itu selalu banyak jumlah umat yang menghaturkan banten penauran, sebagai piranti uacapan terima kasih karena telah disembuhkan.

Di sini banyak terdapat peninggalan kerajaan.

Pura yang berada di perbatasan selatan banjar ini banyak didatangi masyarakat dari berbagai daerah, untuk meminta tamba (obat).

Mereka datang dari berbagai daerah Bali hingga luar Bali.

Menurut Gusti Mangku, jenis obat, lokasi pengambilan obat, serta penyakit yang telah sembuhkan Ida Ratu Dalem Madura beranekagaram.

Jika memiliki penyakit muntaber tak sembuh-sembuh setelah berobat ke dokter, biasanya masyarakat mengambil kotoran cacing yang ada di gundukan di dekat pura.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved