Wawancara Khusus

Jelang Pemilu Serentak 2019, Tiga Lembaga Akan Adakan Quick Count di Bali

Terkait persiapan KPU Bali menghadapi coblosan 17 April 2019 nanti, Tribun Bali mewawancarai Ketua KPU Bali Dewa Agung Gde Lidartawan

Jelang Pemilu Serentak 2019, Tiga Lembaga Akan Adakan Quick Count di Bali
Tribun Bali/Ragil Armando
Ketua KPU Bali Dewa Agung Gde Lidartawan, STP, MPA. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari pencoblosan Pemilu Serentak 2019 tinggal lima hari lagi. KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai penyelenggara utama pesta demokrasi ini terus mempersiapkan agar coblosan berjalan dengan lancar.

Persiapan tak hanya dilakukan oleh KPU RI, namun juga KPU daerah, salah-satunya KPU Provinsi Bali. 

Bali sendiri menjadi salah satu wilayah yang juga akan berpartisipasi dalam Pemilu Serentak 2019 dengan 1 daerah pemilihan (dapil) Pilpres dan DPR RI, 9 dapil untuk DPRD provinsi, dan ratusan dapil untuk DPRD kabupaten/kota.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai persiapan KPU Bali menghadapi coblosan 17 April 2019 nanti, Tribun Bali mewawancarai Ketua KPU Bali Dewa Agung Gde Lidartawan, STP, MPA. Berikut petikannya.

Seberapa jauh persiapan KPU Bali dalam menghadapi coblosan 17 April nanti?

Sampai saat ini persiapan kami sudah 97 persen ya. Tinggal 3 persen saja yang masih tersisa.

Dari 3 persen kekurangan tersebut, hal apa yang hingga saat ini belum selesai dilakukan oleh KPU Bali?

Salah satunya ya distribusi logistik. Logistik masih di KPU, biasanya H-1 atau H-2 baru didistribusikan, kecuali di Kabupaten Badung sudah ke lapangan untuk mendistribusikan logistik.

Dengan jumlah surat suara yang banyak (5 surat suara), apakah KPU dalam berbagai simulasi yang dilakukan beberapa daerah memiliki catatan, misalnya adakah kesulitan dari petugas KPPS?

Sudah kita latih kemarin. Dari simulasi itu kan bisa terlihat kesimpulan yang harus diperbaiki. Yang tahu itu kan KPU kabupaten/kota. Yang pasti jangan bolak-balik. Karena ada edaran bahwa yang duluan adalah presiden, pokoknya sesuai aturan yang diberikan.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved