KRI Alugoro 405 Resmi Diluncurkan, Menhan Ungkap Kecanggihan Teknologi & Keunggulannya Ini

Setelah menggandeng kerjasama dengan pihak Korea Selatan, Indonesia melalui PT PAL kini mendapatkan kontrak untuk membangun tiga kapal selam diesel

KRI Alugoro 405 Resmi Diluncurkan, Menhan Ungkap Kecanggihan Teknologi & Keunggulannya Ini
Surya/Nuraini Faiq
KRI AIugoro 405, kapal selam buatan PT PAL yang siap di-launching, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM,  – Keinginan Indonesia untuk menguasai teknologi pembuatan kapal selam mulai terwujudkan.

Setelah menggandeng kerjasama dengan pihak Korea Selatan, Indonesia melalui PT PAL kini mendapatkan kontrak untuk membangun tiga kapal selam diesel elektrik tipe 209/1400. 

Dilansir dari Kompas.com, mimpi Indonesia untuk memproduksi kapal selam sendiri akhirnya terwujud setelah Menteri Pertahanan ( Menhan) RI, Ryamizard Ryacudu meluncurkan Kapal Selam Diesel Electric Submarine U209 atau yang diberi nama Alugoro-405.

“Usai diluncurkan, kapal yang diproduksi PT PAL Indonesia bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan ini akan beroperasi di seluruh perairan Indonesia,” ujar Ryamizard usai peluncuran kapal selam tersebut, di Surabaya, Kamis (11/4/2019).

Dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (16/4/2019), Menhan menjelaskan bahwa Kapal Selam Alugoro-405 adalah kapal selam ke-3 hasil kerja sama Transfer of Technology (TOT) dengan DSME yang dibuat di galangan kapal PT PAL Indonesia.

"Ini kapal selam menggunakan energy batery didukung teknologi terkini serta keunggulan lainnya untuk peperangan di bawah permukaan. Kapal ini juga mampu berlayar lebih dari 50 hari serta dapat menampung lebih dari 40 kru," pungkas Ryamizard.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu (memakai topi) meluncurkan Kapal Selam Alugoro-405 di Surabaya, Kamis (11/4/2019).
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu (memakai topi) meluncurkan Kapal Selam Alugoro-405 di Surabaya, Kamis (11/4/2019). (Dok. Humas Kementerian Pertahanan)

Lebih lanjut, Menhan mengatakan, peluncuran ini pun menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia.

Sebab tidak semua negara bisa membuat kapal selam. Apalagi di kawasan Asean hanya Indonesia yang mampu membuat.

"Tidak semua punya kapal selam, tidak semua negara punya kapal selam. Kita sudah bisa membuat. Ditterent effect-nya sudah jelas," ujar Ryamizard.

Perlu diketahui, selain Kapal Selam Alugoro-405, Indonesia sendiri sudah punya 2 kapal selam yang dibangun oleh DSME di Korea Selatan.

Dua kapal selam tersebut adalah KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Sementara itu, Alugoro-405 dibangun di PT PAL Indonesia.

"Ini (Alugoro-405) yang ketiga yang kita buat masih dibantu (alih teknologi dengan Korea Selatan). Kemudian yang kelima nanti tanpa bantuan Korea. Nanti kita bisa buat sendiri untuk dijual," kata Ryamizard.

Adapun besaran dana pembuatan kapal selam, Menhan menjelaskan, bahwa ketiga kapal selam tersebut dibangun dengan anggaran 1.140 juta dollar AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luncurkan Alugoro-405, Indonesia Produksi Kapal Selam Sendiri"

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved