Basarnas Beri Pelatihan ke Pecalang dan Relawan di Karangasem

Pecalang dan relawan seperti Orari, Pasebaya, RAPI diberikan pemahaman terkait kewaspadaan terhadap potensi kebencanaan

Basarnas Beri Pelatihan ke Pecalang dan Relawan di Karangasem
Tribun Bali/Saiful Rohim
Peserta pelatihan SAR Community mendengarkan sambutan Direktur Bina Potensi Basarnas, Marsekal Fathurahman Indrajaya di Gedung SKB Jasri, Kamis (25/4). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA- Pecalang dan relawan seperti Orari, Pasebaya, RAPI diberikan pemahaman terkait kewaspadaan terhadap potensi kebencanaan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kamis (25/4) dri pukul 08.00 wita.

Pembinaan SAR community yang dilaksakan basarna digelar di Gedung Sanggar Kegiatan Budaya di Jasri, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem.

Kegiatan ini dibuka Direktur Bina Potensi Baasarnas, Marsekal Prtama TNI Fathurahman Indrajaya.

Fathurahman Indrajaya menjelaskan, pelatihan dan pembinaan diberi ke pecalang serta relawan tujuannya untuk kesiapsiagaan jika terjadi bencana. Apalagi Karangasem masih berpotensi terjadi erupsi Gunung Agung yang berada di lebel III.

"Kegiatan ini digelar di Karangasem karena ada kebencanaan dari Gunung Agung yang msih aktif. Sehingg perlu ada kewaspadaan untuk kita semua. Makanya kita berikan teknik pertolongan yang pertama ke warga,"jelas Indrajaya setelah pembukaan.

Pihaknya berharap, pecalang serta relawan yang ikut pembinaan dan pelatihn bisa meberi prtolongan saat ada bencana."Mereka yang diberikan pelatihan bisa memberi pertolongan pertama saat terjadi musibah, baik bencana dan lainnya,"harapnya.

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Arthadipa, apresiasi kegaiatan yang dilakukan Basarnas. Dipilihnya Karangasem jadi tempat pelatihan sangat tepat, mengingat masih ada ancaman potensi erupsi Gunung Agung yang masih berada di level III (siaga).

"Saya berterima kasih dengan direktur Basarnas karena pilih Krangasem jadi tempat pelatihan sar comunnity. Karangasem merupakan daerah rawan bencana di Bali,"tambah Wayan Arthadipa setelah acara.

Penulis: Saiful Rohim
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved