Kereta Api Pertama di Bali Akan Melintas di Jalur Denpasar-Singaraja

Pertemuan di ruang transit VIP Terminal Domestik, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badungini, menyetujui rencana pembukaan jalur transportasi Kereta Api

Tribun Bali/Dwi S

Laporan Wartawan Tribun Bali, A.A. Gde Putu Wahyura

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pertemuan mendadak antara Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika tak sia-sia.

Pertemuan di ruang transit VIP Terminal Domestik, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (13/11/2015) ini, menyetujui rencana pembukaan jalur transportasi Kereta Api (KA) di Bali.

(Gubernur Bali Bersiap Adakan Study Route Jalur Kereta Api)

"Mungkin untuk jalur Denpasar-Singaraja bisa untuk mengurangi ketimpangan di Bali Utara dan Bali Selatan," ujar Jonan.

Jonan mengungkapkan kesiapan pihak Kemenhub untuk membangun sarana transportasi baik Kereta Api (KA) dan bandara baru di Bali Utara, apabila Pemprov Bali telah memiliki lahan yang akan diperuntukan untuk pengembangan jalur dan sarana-sarana pendukung lainnya.

Selain itu ia menyarankan, untuk penyertaan modal bahwa Pemprov Bali bisa melaksanakan kerja sama swakelola penuh dengan swasta.

Ini karena APBN tidak bisa membantu semua rencana Pemrov Bali tersebut.

"Dari segi pembiayaan APBN belum bisa mendukung sepenuhnya untuk kedua rencana pendukung transportasi tersebut. Ini karena terkendala mahalnya pembebasan lahan di Bali. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya swakelola pembangunan dengan swasta," ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Jonan, tidak bisa swasta memiliki hak kelola 100 persen.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved