Besok Para Kepala Daerah Ini Dilantik, Bisakah Mereka Harmonis Dengan Gubernur?

Diingatkan agar gubernur dan kepala daerah terpilih tidak menonjolkan ego politik.

Besok Para Kepala Daerah Ini Dilantik, Bisakah Mereka Harmonis Dengan Gubernur?
TRIBUN BALI / PRIMA
Indografis kepala daerah 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Made Mangku Pastika akan melantik pasangan Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota 2016 - 2021 terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015, Rabu (17/2/2016) besok.

Dari enam pasangan kepala daerah yang dijadwalkan dilantik secara serentak itu, lima di antaranya berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sedangkan Pastika merupakan Ketua Pembina Koalisi Bali Mandara (KBM) dan anggota Dewan Pembina DPP Partai Demokrat.

Pelantikan serentak enam kepala daerah ini sudah diputuskan digelar di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, mulai pukul 09.00 Wita.

Jumlah undangan sebanyak 210 orang dari 230 kapasitas kursi di Wiswa Sabha.

Enam pasangan Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih yang akan dilantik adalah I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa selaku Bupati-Wakil Bupati Badung, Ni Putu Eka Wiryastuti-I Komang Gede Sanjaya (Bupati-Wakil Bupati Tabanan), I Putu Artha-I Made Kembang Hartawan (Bupati-Wakil Bupati Jembrana), I Made Gianyar-Sang Nyoman Sedana Arta (Bupati-Wakil Bupati Bangli), I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Arta Dipa (Bupati-Wakil Bupati Karangasem), dan IB Rai Dharmawijaya Mantra-IGN Jaya Negara (Wali Kota-Wakil Wali Kota Denpasar).

Dari enam pasangan kepala daerah tersebut, hanya I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Arta Dipa yang tidak diusung PDIP saat Pilkada serentak 2015.

Mas Sumantri yang sebelumnya merupakan kader PDIP, maju bersama Arta Dipa dengan membawa bendera Partai NasDem, Partai Hanura, dan PKPI.

Perbedaan latar belakang politik antara Gubernur Bali dengan mayoritas Bupati-Wali Kota diprediksi dapat memicu gesekan kepentingan.

Di Bali konteks PDIP dan non PDIP pun sudah terjadi sejak lama.

Halaman
12
Penulis: Robison Gamar
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved