Habiskan Anggaran Rp 16 Miliar, Proyek PPI di Klungkung Mangkrak

Bupati Suwirta awalnya berencana akan menghapus aset PPI tersebut.

Habiskan Anggaran Rp 16 Miliar, Proyek PPI di Klungkung Mangkrak
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kondisi bangunan PPI (Pusat Pendaratan Ikan) di Dusun Karangdadi, Kusamba dalam kondisi mangkrak 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kondisi mangkraknya proyek PPI (Pusat Pendaratan Ikan), di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali menjadi perhatian Pemkab Klungkung.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Senin (12/9/2016) turun ke lapangan untuk meninjau kondisi terakhir dari Proyek PPI.

Bupati Suwirta pun nampaknya pesimis proyek PPI tersebut bisa dilanjutkan.

“Secara kajian Proyek PPI ini  memang sangat memungkinkan, tapi faktanya kan mangkrak seperti ini? Pemerintah pusat juga sepertinya sudah tidak ada respon lagi untuk proyek PPI ini,” Ungkap Bupati Suwirta dengan nada suara tinggi.

Bupati Suwirta awalnya berencana akan menghapus aset PPI tersebut.

Namun, berdasarkan amanat undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, aset PPI tersebut dapat dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi.

Kadis Peternakan dan Perikanan Pemda Klungkung, I Gusti Ngurah Badiwangsa sebelumnya sudah sempat menjelaskan jika pelimpahan aset PPI ke Provinsi sudah berproses.

Namun, setelah Bupati Suwirta sempat menelepon Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali, tenyata Aset PPI tersebut sama sekali belum diserahkan ke Provinsi.

“Pertanyaanya sekarang apakah Pemerintah Provinsi mau menerima aset PPI yang sudah dalam keadaan rusak seperti ini?.  Jikapun aset ini harus kita hapus, kita akan berkonsultasi dulu dengan pihak BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” jelas Bupati Suwirta.

Sementara, Kadis Peternakan dan Perikanan Pemda Klungkung, I Gusti Ngurah Badiwangsa ketika dikonfirmasi, Senin (12/9/2016) menjelaskan jika pelimpahan tersebut memang masih berproses.

Ia menyebutkan jika  seluruh dokumen terkait pelimpahan aset PPI ke Pemprov tersebut sudah berada di atas meja Sekda Klungkung.

Proyek PPI di Dusun Karangdadi, Kusamba berdiri di atas lahan 1,2 Hektar dan merupakan proyek pemerintah pusat melalui kementrian Perikanan dan Kelautan.

Saat perencanaan, Proyek ini dianggarkan sebesar 33 Miliar dan pertama kali dikerjakan tahun 2005 melaui Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat.

Karena permasalahan anggaran dari pusat dan permasalahan teknis, pembangunan terhenti sejak tahun 2012, padahal pembangunan PPI sudah menghabiskan anggaran sebesar 16 milyar.

Hingga saat ini, bangunan PPI tersebut tidak dilanjutkan dan terkesan terbangkalai dan tidak terurus. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved