Tim Siber ITB Pertahankan Gelar Cyber Jawara, Tim Siber Bali Duduki Posisi Empat

JAV berhasil mengumpulkan poin terbanyak 7.351 bahkan mampu menyerang dengan sukses beberapa server rivalnya sebanyak 2.266 kali

Tim Siber ITB Pertahankan Gelar Cyber Jawara, Tim Siber Bali Duduki Posisi Empat
Istimewa
Tim JAV dari ITB (kiri) berhasil mempertahankan gelar sebagai juara di kompetisi hacker nasional Cyber Jawara 2018 di even Code Bali, 9 - 12 Oktober 2018. Posisi kedua diraih Arkavidia 9 dari Universitas Indonesia (tengah) dan posisi ketiga tim dari Institut Teknologi bandung "CUM". 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Tim JAV yang beranggotakan tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mempertahankan gelar Cyber Jawara 2018 dalam laga final CodeBali, Kamis (11/10/2018) malam, di Padma Hotel, Kuta, Badung.

Tim yang beranggotakan Jason Jeremy Iman, Aufar Gilbran dan Muhamad Visat Sutarno itu sejak awal ronde sudah agresif menyerang pertahanan 17 server yang dikawal tim lain.

JAV berhasil mengumpulkan poin terbanyak 7.351, bahkan mampu menyerang dengan sukses beberapa server rivalnya sebanyak 2.266 kali.

Sang juara, JAV akan mewakili Indonesia ke kompetisi tingkat Asia Tenggara di Bangkok Desember 2018.

Jika kembali merebut gelar juara, JAV akan maju ke kompetisi keamanan siber tingkat dunia di Tokyo Jepang dan Las Vegas Amerika Serikat.

"Harusnya kami lebih siap setelah pengalaman kompetisi tahun lalu di Bangkok dan Tokyo," kata Visat yang kini sudah lulus dari ITB dan bekerja di start up Bukalapak.

JAV berhasil mengungguli tim asal Universitas Indonesia (UI) Arkavidia 9, yang dalam laga final menjadi tim bertahan terbaik karena sukses menggagalkan 131 serangan.

Namun, hal itu hanya bisa mengantarkan Arkavidia 9 di posisi runner up dengan skor 6.775.

Sementara posisi ketiga diraih tim CUM dari ITB yang baru pertama kali ikut kompetisi ini dengan skor 5.220.

Posisi keempat ditempati tim Cakrabyuha dengan skor 4.708 yang dua anggotanya adalah mahasiswa STMIK STIKOM Bali, yakni Ida Bagus Budhantara dan I Ketut Pasek Asmarajaya.

Salah satu kejutan diciptakan tim Rules of Pwning yang beranggotakan pelajar dari SMKN 1 Dompu, SMKN 2 Surakarta dan SMKN 12 Kabupaten Tangerang.

Halaman
12
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved