Ketua PHDI Bali: Ajaran Hindu Dapat Mendorong Kearifan Lokal

Agama Hindu sangat memberikan kontribusi pada bangkitnya kearifan lokal

Ketua PHDI Bali: Ajaran Hindu Dapat Mendorong Kearifan Lokal
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Rektor IHDN Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., saat ditemui Tribun Bali usai seminar nasional bertajuk Pengaruh Ajaran Agama Terhadap Kehidupan Spiritual Bangsa Indonesia, yang diadakan oleh Program Studi S3 Ilmu Agama di Gedung Pascasarjana Lantai 3 IHDN Jalan Kenyeri, Denpasar pada Kamis (25/10/2018). 

Laporan wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rektor Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M. Si menyebut bahwa agama Hindu sangat memberikan kontribusi pada bangkitnya kearifan lokal.

Menurutnya, kearifan lokal ini harus dijaga dengan baik.

Hal itu Prof. Sudiana sampaikan pada saat membuka seminar yang diselenggarakan oleh Program Studi S3 Ilmu Agama yang bertajuk Pengaruh Ajaran Agama Terharap Kehidupan Spiritual Bangsa Indonesia.

Seminar tersebut berlangsung di Ruang Vidya Sabha Paripurna Gedung Pascasarjana Lantai 3 Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN), Jalan Kenyeri, Denpasar pada Kamis (25/10/2018) lalu.

Saat ditemui Tribun Bali usai seminar, Prof. Sudiana yang juga sebagai Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali ini menjelaskan, agama Hindu yang dijiwai oleh Reg Veda diakui sebagai kegiatan keagamaan tentang keyakinan pada Tuhan.

"Jadi tidak dihancurin, (tapi) diberikan pengayoman. Dan dari Veda itu memang mengalir bahwa kearifan lokal itu memang nyambung dengan Veda," jelasnya

Sehingga, jelasnya, kearifan lokal ini bisa menunjang ajaran agama Hindu. (*)

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved