Dishub Sediakan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas Selama Denfest 2018

Dinas Perhubungan Kota Denpasar telah merencanakan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir saat pelaksanaan Denfest 2018

Dishub Sediakan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas Selama Denfest 2018
Tribun Bali/I Putu Supartika
Suasana gladi pembukaan Denfest 2018 di kawasan Catur Muka, Denpasar, Kamis (27/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) tahun 2018 akan dibuka esok, Jumat (28/12/2018).

Untuk mengatasi permasalahan parkir dan mengurai kemacetan saat kegiatan berlangsung, Dinas Perhubungan Kota Denpasar telah merencanakan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir saat pelaksanaan Denfest 2018.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dishub Denpasar, I Ketut Sriawan mengatakan dalam pelaksanan Denfest 2018, Jalan Gajah Mada tepatnya dari simpang Jalan Krisna-Jalan Gajah Mada ke timur dan Jalan Veteran dari Catur Muka hingga simpang Jalan Karna-Jalan Durian akan ditutup total selama gelaran Denfest 2018 dari tanggal 28-31 Desember 2018.

Ia juga mengatakan pasti akan ada penumpukan kendaraan, dikarenakan antusias masyarakat yang berkunjung ke Denfest 2018.

Mengantisipasi hal itu, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas dan penyediaan kantong parkir untuk mengantisipasi kemacetan panjang.

Dari arah barat, yakni Jalan Gajah Mada, jika terjadi penumpukan jumlah kendaraan di simpang Jalan Sumatera-Jalan Arjuna, maka pengalihan arus akan dilaksanakan mulai simpang Jalan Sulawesi-Jalan Kartini.

"Hal ini untuk meminimalisir jumlah kendaraan yang menuju ke timur sampai di simpang Jalan Arjuna-Jalan Sumatera," kata Sriawan.

Untuk arah Selatan, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang akan melintas di Jalan Sudirman menuju Jalan Surapati, hanya saja itu diberlakukan saat pembukaan dan penutupan saja.

Kalaupun nantinya terjadi kemacetan di simpang Jalan Sugianyar-Jalan Beliton, maka kendaraan yang berasal dari arah Jalan Hasanuddin akan dialihkan menuju Jalan Sutoyo, dan yang dari arah Jalan Sugianyar akan dialihkan menuju Jalan Letda Made Putra.

Untuk arah Utara, pihaknya mengaku akan dilaksanakan pengalihan arus di sekitar simpang Jalan Kepundung-Jalan Durian untuk mengurai kemungkinan adanya penumpukan kendaraan saat pelaksanaan Denfest 2018.

"Nanti kalau terjadi macet, maka arus dari Jalan Kedongdong menuju Jalan Durian akan ditutup," paparnya.

Sedangkan untuk kantong parkir, Dishub Kota Denpasar turut menyediakan kantong parkir yang berada di sekitar lokasi Denfest 2018, yakni parkir undangan VIP berlokasi di Halaman Kodam IX Udayana, sedangkan untuk para pengunjung tersebar di masing-masing arah, seperti di Sentral Parkir Pasar Lokita Sari Wisata, Parkir Basement Pasar Badung, Jalan Sulawesi, Jalan Sugianyar, Jalan Beliton, Jalan Sutoyo, Jalan Sumatra, Jalan Veteran, Jalan Udayana, Jalan Durian, dan Jalan Kaliasem yang menggunakan satu sisi pinggir Jalan.

"Diharapkan bagi semua pihak turut mengindahkan peta pengalihan arus lalu lintas guna mendukung suksesnya pelaksanaan Denfest 2018 ini," jelasnya.

Selain itu, pada gelaran Denfest 2018 Dishub Kota Denpasar turut menyiagakan sedikitnya 150 personel yang bersiaga di sekitaran lokasi. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved