Berita Pemkot Denpasar

Ciptakan Tata Kelola Arsip Profesional, DPK Kota Denpasar Gelar Bimtek Kearsipan bagi OPD dan BUMD

Pemkot Denpasar melalui Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kota Denpasar kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek)

Ciptakan Tata Kelola Arsip Profesional, DPK Kota Denpasar Gelar Bimtek Kearsipan bagi OPD dan BUMD
Humas Pemkot Denpasar
Pelaksanaan Bimtek Kearsipan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearispan Kota Denpasar, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebagai upaya menciptakan tata kelola kearsipan yang profesional dan akuntabel, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kota Denpasar kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang melibatkan seluruh OPD dan BUMD di Kota Denpasar ini dibuka Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, I Putu Budiasa mewakili Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearispan Kota Denpasar, Rabu (24/4/2019), dan akan berlangsung selama tiga hari hingga 25 April 2019 mendatang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut pimpinan OPD, BUMD beserta petugas kearsipan di lingkungan Pemkot Denpasar.

Dalam laporannya, Ketua Panitia IB Yoga menjelaskan bahwa adapun kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Perangkat Daerah (PD) dan BUMD dalam penyelenggaraan kearsipan.

Sehingga ke depannya pengelolaan arsip dapat dilaksanakan secara profesional sebagai upaya mewujudkan smart arsip dan tertib arsip di Kota Denpasar.

Baca: Raih Penghargaan WBK dari KemenPAN RB 2018, Kemenag Denpasar Didaulat Menuju WBBM

Baca: Duel Barcelona Vs Liverpool, Juergen Klopp Anggap Keren Karena Timnya Bukan Favorit

Lebih lanjut dijelaskan, dengan adanya Bimtek ini diharapkan mampu memberikan peningkatan terhadap tata kelola arsip di Kota Denpasar yang beberapa OPD telah menyandang nilai 70 atau kategori arsip baik.

Nantinya para peserta akan diberikan materi mengenai pengelolaan Kearsipan Dinamis Aktif, Pengelolaan Kearsipan Dinamis Inaktif, Pemberkasan Inaktif serta Praktek.

“Dengan Bimtek ini kami harapkan keseluruhan tenaga kearsipan di masing-masing OPD dan BUMD nantinya dapat bertugas secara profesional, dan setelah Bimtek ini akan dilanjutkan dengan lomba kearsipan di masing-masing OPD dan BUMD setiap tahunya,” terangnya.

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutanya yang dibacakan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, I Putu Budiasa menekankan bahwa setelah adanya Bimtek ini seluruh tenaga kearsipan OPD dan BUMD di Kota Denpasar dapat bekerja secara profesional.

Baca: Menkes Nila Djuwita F Moeloek Apresiasi Rumah Berdaya Denpasar

Baca: Dari Pesan WhatsApp Terungkap, Vanessa Angel Ingin Berhenti Nakal Karena Ingin Menikah

Sehingga smart arsip dan tertib arsip di Kota Denpasar dapat tercipta yang tentunya wajib didukung dengan sarana dan prasarana yang mumpuni.

“Kita harus menyadari bahwa tata kelola arsip yang baik dapat mencerminkan tata kelola pemerintahan yang baik pula atau lebih dikenal dengan good goverment yang bermuara pada pelayanan publik yang maksimal,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan bahwa tata kelola kearsipan merupakan bagian dari penilaian terhadap opini penyelenggaraan pemerintahan.

Hal inilah yang harus kita dorong bersama sebagai bentuk dukungan terhadap transparansi pemerintahan.

“Setelah mengikuti Bimtek ini penyelenggaraan pengelolaan arsip harus semakin baik, sehingga dokumen-dokumen authentic dapat tersimpan dengan baik dan dapat ditemukan kembali secara cepat dan tepat saat dibutuhkan,” paparnya.(*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved