Kolam Renang Tirta Arum di Abiansemal Ada Sejak 1999, Lahirkan Atlet Renang dan Diminati Wisman

Kolam Renang Tirta Arum diresmikan tanggal 9 September 1999 dan saat ini kolam tersebut dikelola oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga kabupat

Kolam Renang Tirta Arum di Abiansemal Ada Sejak 1999, Lahirkan Atlet Renang dan Diminati Wisman
Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Kolam Renang Tirta Arum di Blahkiuh, Abiansemal, Kabupaten Badung, Selasa (4/6/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Kolam Renang Tirta Arum merupakan kolam renang yang cukup terkenal di Bali.

Kolam renang yang berada di Blahkiuh, Abiansemal, Kabupaten Badung ini merupakan salah satu kolam yang tak pernah sepi dikunjungi para atlet renang dari daerah Badung dan sekitarnya untuk berlatih.

Kolam Renang Tirta Arum diresmikan tanggal 9 September 1999 dan saat ini kolam tersebut dikelola oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Badung.

“Kolam ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung kerjasama dengan pemilik tanah yaitu dari pihak Puri Mayun Blahkiuh, jadi waktu awal ada MoU (Memorandum of Understanding)/perjanjian antara pemerintah dan pemilik tanah, kalau tidak salah durasi waktunya sekitar 30 tahunan, jadi pihak yang memiliki tanah memberikan wewenang kepada Pemerintah (kabupaten Badung) untuk mengelola tanah milik Beliau ini untuk kepentingan masyarakat dan memajukan olahraga renang khususnya ,” tutur koordinator Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh sekaligus salah satu staf Bidang Sarana dan Prasarana Disdikpora Kabupaten Badung, Putu Bagus Suputra Dwijaya (49) pada Tribun Bali di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Badung, Selasa (4/6/2019).

Terdapat dua kolam renang di Kolam Renang Tirta Arum, yang pertama adalah kolam renang untuk Balita yang memiliki kedalaman sekitar 60 cm dan memiliki panjang 8 meter serta lebar 6 meter.

 Kolam kedua adalah kolam renang besar atau dewasa yang memiliki panjang 50 meter dan lebar 21 meter.

Kedalaman kolam besar tersebut pun dibagi dua yaitu sepanjang 35 meter memiliki kedalaman sekitar 2,5 meter dan sepanjang 15 meter memiliki kedalaman  sekitar 1,30 meter.

Banyak atlet renang berprestasi yang pernah berlatih di kolam renang tersebut seperti perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa dan Anak Agung Istri Ratih Kania Atmaja. Ada juga atlet renang Bali, Pande Made Iron Digjaya, Agus Nuarta, I Putu Wirawan maupun Muhammad Fauzan Athaya Martzah yang masih berlatih hampir setiap hari di kolam renang tersebut.

Selain digunakan para atlet untuk berlatih, kolam renang itu juga dibuka umum di jam-jam tertentu yaitu pukul 09.00 Wita- 15.00 Wita, dan tak jarang banyak wisatawan asing atau mancanegara berenang di tempat tersebut.

“Banyak orang luar negeri yang berenang disini tapi setelah atlet selesai berenang, untuk umum biasanya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Biasanya banyak dari Rusia, Italia, Amerika, Australia dan lain sebagainya, terutama wisatawan yang tinggal didaerah sekitar sini, di daerah Ubud itu,“ katanya

Halaman
123
Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved