Upacara Militer Iringi Pelebon Istri Kapten Mudita, Bade Diusung Warga dari Berbagai Banjar

Bertempat di Tunon Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, istri dari pahlawan Bangli Kapten Anak Agung Gde Anom Mudita itu dipelebon

Upacara Militer Iringi Pelebon Istri Kapten Mudita, Bade Diusung Warga dari Berbagai Banjar
Tribun Bali/M. Fredey Mercury
PERABUAN - Prosesi perabuan Jro Pasek Jempiring. istri pahlawan Bangli Kapten AA Gde Anom Mudita, Tunon Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, Sabtu (22/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Ribuan masyarakat Bangli tumpah ruah mengiringi jenazah Jro Pasek Jempiring.

Bertempat di Tunon Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, istri dari pahlawan Bangli Kapten Anak Agung Gde Anom Mudita itu dipelebon, Sabtu (22/6).

Upacara Perabuan Jro Pasek Jempiring berbarengan dengan dua kerabat puri lainnya, yakni dari Puri Denpasar, Puri Agung Bangli dan Puri Siulan, Puri Agung Bangli.

Berdasarkan jadwal, rangkaian upacara pelebon Jro Pasek Jempiring dimulai sejak Jumat (21/6) hingga Sabtu (22/6). 

Pada Jumat, rangkaian acara dimulai dari Negtegang, Ngadegang Penguriagaan, Ngening Ke Beji, Ngaskara, Nyiramin, hingga Munggah Palebon.

Sedangkan pada Sabtu, acara dimulai dari Metetangi, Nyukat Karang, Melaspas Pekoleman di Catus Pata, Caru Pengalang Dewasa, serta Upacara Pengormatan di Puri Kilian, Puri Agung Bangli.

Pihak keluarga, Anak Agung Gde Bagus Ardana menjelaskan, ini merupakan puncak acara pelebon.

Jenazah mula-mula diserahkan kepada negara yang diterima Dandim 1626 Bangli untuk selanjutnya diantar ke Tunon Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, dan dilakukan upacara perabuan secara militer oleh Kodim 1626 Bangli dan Kepolisian.

"Setelah diserahkan dari pemerintah kepada keluarga, selanjutnya pihak keluarga yang akan melanjutkan hingga upacara perabuan selesai," jelas pria yang juga adik kandung Kapten Anak Agung Gde Anom Mudita ini.

Selaku inspektur upacara, Dandim 1626 Bangli Letkol CPN Andy Pranoto mengungkapkan, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, dharma bakti, dan pengabdian almarhum Jro Pasek Jempiring kepada negara dan bangsa semasa hidupnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved