Bagaimana Kelanjutan Bandara Bali Utara? Begini Kata Menteri Perhubungan

Pembangunan Bandara Bali Utara ini telah dibahas Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumad dalam rapat koordinasi tertutup VIP 2 Bandara Ngurah Rai

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Jumat (26/7/2019) usai melakukan rapat koordinasi tertutup di VIP 2 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Bagaimana Kelanjutan Bandara Bali Utara? Begini Kata Menteri Perhubungan 

Bagaimana Kelanjutan Bandara Bali Utara? Begini Kata Menteri Perhubungan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Proyek pembangunan Bandara Bali Utara nampaknya akan mundur dikarenakan menunggu selesainya pembangunan infrastruktur akses terlebih dahulu.

Pembangunan Bandara Bali Utara ini telah dibahas Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumad dalam rapat koordinasi tertutup VIP 2 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (26/7/2019).

"Bandara Bali Utara tadi kami bahas berkaitan dengan prosedur saja, tetapi kami tetap sepakat akan melaksanakan pembangunan itu pada saat finalisasi infrastruktur akses dari dan menuju ke sana," katanya.

Menurutnya, cepat tidaknya pembangunan Bandara Bali Utara bergantung infrastruktur tersebut.

“Tergantung infrastruktur itu. Kalau itu (akses) bisa cepat selesai, ya bisa cepat juga pembangunannya (Bandara Bali Utara),” ungkapnya.

Dikatakan, alternatif infrastruktur akses tersebut bisa berupa jalan tol, kereta api maupun jalan highway. Namun mengenai pembangunan itu pembahasannya di Kementrian PUPR.

“Tidak mungkin kita membangun Bandara Bali Utara tanpa ada infrastruktur akses jalan. Karena untuk membangun satu bandara kan maksimal 3 tahun baru selesai, dan lokasi tidak berubah tetap di sana nanti,” papar Menhub.

Ia menyampaikan, biasanya pembangunan infrastruktur akses terkendala pembebasan lahan atau tanah. Pihaknya pun masih menunggu proposal dari Kementerian PUPR.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved