Simpang Ring Banjar

Olah Kelapa Jadi 'Lengis' Berkualitas, Warga Desa Baluk Jembrana Manfaatkan Hasil Perkebunan

Komoditas perkebunan berupa kelapa cukup melimpah di Jembrana. Bahkan disebut setelah kakao, Jembrana merupakan penghasil kelapa yang cukup besar

Olah Kelapa Jadi 'Lengis' Berkualitas, Warga Desa Baluk Jembrana Manfaatkan Hasil Perkebunan
Tribun Bali/I Made Ardhiangga
Sayu menunjukkan hasil VCO atau minyak kelapa murni di rumahnya, Kamis (1/8/2019). Olah Kelapa Jadi 'Lengis' Berkualitas, Warga Desa Baluk Jembrana Manfaatkan Hasil Perkebunan   

Olah Kelapa Jadi 'Lengis' Berkualitas, Warga Desa Baluk Jembrana Manfaatkan Hasil Perkebunan

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Komoditas perkebunan berupa kelapa cukup melimpah di Jembrana. Bahkan disebut setelah kakao, Jembrana merupakan penghasil kelapa yang cukup besar di Bali.

Hal itu pulalah yang kemudian mendorong sebagian warga yang tinggal di Desa Baluk untuk memanfaatkan kelapa menjadi produk ekonomis.

Kelapa yang diolah menjadi lengis (minyak) pun berdampak pada nilai ekonomis yang lebih tinggi. Dibanding ketika kelapa dijual sebelum diolah.

Bahkan, minyak kelapa murni yang diolah tanpa pemanasan atau fermentasi, memiliki kualitas tinggi untuk tubuh manusia. Hal ini dijelaskan pengrajin minyak kelapa murni, Sayu Putu Widiati.

Sayu mengaku, minyak kelapa yang dijualnya ini ialah minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Cocounut Oil), yang dikerjakannya sejak tahun 2018 lalu.

Minyak kelapa ini disebut murni karena tanpa proses pemanasan, dan hanya mengandalkan fermentasi kelapa.

"Awal idenya itu ya melihat harga kelapa yang murah. Jadi tercetus ide untuk diolah. Dan benar saja, memang ada berbagai macam manfaatnya," ucapnya, Kamis (1/8/2019).

Pelatih PSM Makassar Ikut Soroti Performa Buruk Spaso di Laga Kontra PSM

PUPR Kebut Pembangunan Dua SMAN di Badung, Target Rampung November Mendatang

Sayu menyebut VCO baik untuk melembapkan kulit dan menguatkan rambut. Manfaat VCO serupa fungsi baby oil.

Di Perumahan Huma Lestari No.19 Banjar Anyar Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, ia pun mengajak warga lain untuk ikut bekerja sehingga ekonomi warga tergerak, dapat tumbuh.

Halaman
123
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved