Sejarah Hari Ini

17 Agustus Pembubaran RIS dan Ketidakpuasan Hasil KMB

Selain menjadi tanggal kemerdekaan, 17 Agustus rupanya juga menjadi hari di mana Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan pada tahun 1950.

17 Agustus Pembubaran RIS dan Ketidakpuasan Hasil KMB
Dokumentasi kompas
Konferensi Meja Bundar, 23 Agustus 1949. Sebagian besar rakyat Indonesia tidak puas dengan hasil Koneferensi Meja Bundar (KMB) yang melahirkan negara Republik Indonesia Serikat (RIS) sehingga menyebabkan banyaknya demonstrasi menuntut bergabung kedalam bagian dari Republik Indonesia. 

17 Agustus Pembubaran RIS dan Ketidakpuasan Hasil KMB

TRIBUN-BALI.COM - Selain menjadi tanggal kemerdekaan, 17 Agustus rupanya juga menjadi hari di mana Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan pada tahun 1950.

17 Agustus menjadi tanggal bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Di tanggal tersebut, 74 tahun silam tepatnya 17 Agustus 1945 Soekarno didampingi Mohammad Hatta membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Hal ini menjadi tanda terbebasnya Indonesia dari penjajahan.

Selain menjadi tanggal kemerdekaan, 17 Agustus rupanya juga menjadi hari di mana Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan pada tahun 1950.

Republik Indonesia Serikat (RIS)

Republik Indonesia Serikat (RIS) lahir atas hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) yang berlangsung di Den Haag Belanda pada 2 November 1949.

Saat itu, Republik Indonesia Serikat (RIS) terbagai menjadi tujuh negara bagian dan delapan negara otonom.

Berikut adalah tujuh negara bagian RIS:

Halaman
1234
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved