HUT Kemerdekaan RI

Tak Hanya Karyawan, Satwa di Bali Safari and Marine Juga Ikut Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Sejumlah satwa juga mengikuti kegiatan upacara bendera, diantaranya 4 gajah Sumatera, 2 burung kakatua dan 1 ekor ular sanca albino.

Tak Hanya Karyawan, Satwa di Bali Safari and Marine Juga Ikut Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Suasana upacara kemerdekaan RI di Bali Safari and Marine Park yang melibatkan satwa. 

TRIBUN BALI.COM, GIANYAR - Di seluruh pelosok negeri hari ini 17 Agustus 2019 serentak menyelenggarakan upacara HUT ke-74 Republik Indonesia, namun pemandangan unik dan berbeda pada upacara kemerdekaan di Bali Safari and Marine Park.

Karena tidak hanya karyawan Bali Safari and Marine Park tetapi sejumlah satwa juga mengikuti kegiatan upacara bendera, diantaranya 4 gajah Sumatera, 2 burung kakatua dan 1 ekor ular sanca albino.

Pelaksanaan upacara pun digelar seperti upacara kemerdekaan pada umumnya dan seluruh satwa yang mengikuti terlihat tenang tidak menunjukkan perilaku berlebih dari awal sampai berakhirnya upacara.

Dalam upacara kemerdekaan ini juga diikuti oleh sejumlah Perangkat Desa pendamping, serta pimpinan beberapa instansi dan pemerintahan di Kabupaten Gianyar. 

“Tujuan penyelenggaraan upacara kemerdekaan ini untuk mengenang kembali bagaimana pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia 74 tahun yang lalu. Disamping itu juga untuk meningkatkan bagaimana semangat kita di dalam perusahaan untuk bisa bekerja lebih baik sehingga bisa meningkatkan Indonesia yang lebih unggul,” ujar Director Sales & Marketing Bali Safari and Marine Park, Nyoman Sutarjana.

Sutarjana menambahkan pihaknya sebelum upacara bendera dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh semua karyawan hingga pelaksanaan pagi tadi.

Sebelumnya juga diadakan lomba-lomba khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang dan pemenang lomba diumumkan pada upacara kemerdekaan sebagai bentuk reward perusahaan.

 “Berbagai hadiah disiapkan sekaligus untuk mengapresiasi sportifitas dan aktifnya para karyawan meskipun di luar jam kerja. Berbagai lomba sekaligus memperkuat kerjasama antar karyawan,” tambahnya.

Saat disinggung mengenai bagaimana cara menjaga satwa tetap tenang selama upacara berlangsung, Sutarjana mengatakan kegiatan upacara bendera rutin dilakukan setiap tahun dan para keeper sudah melatihnya.

“Itu jadi bagian dari keahlian para keeper kita untuk melatih agar satwa tenang selama upacara,” imbuhnya.

Sementara itu Desak sebagai keeper burung kakaktua mengaku sudah melatih rafaela untuk dapat tenang selama upacara sebelum beberapa hari kegiatan upacara kemerdekaan digelar dan rafaela selalu ikut tiap tahun untuk ikuti upacara.

Salah satu wisman asal Australia Kelly saat tiba di Bali Safari and Marine Park saat masih berlangsung upacara kemerdekaan mengaku sangat kagum melihat satwa juga dilibatkan dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved