Cok Ace Kritisi Pasal 252 RKUHP yang Mengancam Pengobatan Alternatif di Bali, Begini Komentarnya

Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Cok Ace mengatakan, ketentuan pasal 252 RKUHP bisa mengancam keberadaan pengobatan alternatif di Bali.

Cok Ace Kritisi Pasal 252 RKUHP yang Mengancam Pengobatan Alternatif di Bali, Begini Komentarnya
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Ketua BTB Ida Bagus Agung Partha Adnyana (putih) saat melakukan konferensi pers bersama Wagub Cok Ace dan Wakil Ketua Bidang Hukum PHRI Bali Putu Subada Kusuma di Ruang Rapat Praja Sabha Kantor Gubernur Bali, Senin (23/9/2019). 

Cok Ace Kritisi Pasal 252 RKUHP Mengancam Pengobatan Alternatif: 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -- Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Cok Ace mengatakan, ketentuan pasal 252 RKUHP  bisa mengancam keberadaan pengobatan alternatif di Bali.

Saat ini Pemerintah Provinsi Bali tengah menggalakkan pengobatan alternatif seperti loloh (jamu) dan obat herbal lainnya.

Penglingsir Puri Ubud ini mengatakan, jika pasal RKUHP ini disahkan, masyarakat Bali yang menekuni pengobatan alternatif bisa dipidana.

Apalagi, kata dia, banyak produk jamu herbal belum terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Ini terus terang menjadi hal yang penting. Di satu sisi kita mewujudkan (pengobatan alternatif) tapi di sisi lain mereka bingung nanti mengikuti aturan," ujarnya.

Cok Ace menjelaskan, pihaknya bersama para seniman juga berdiskusi bila terjadi kecelakaan menari akibat orang kerauhan (kerasukan), apakah bisa dipidana atau tidak.

"Nah ini sedang kita carikan solusinya. Nanti kalau pura-pura kerauhan rangda-nya ditusuk mati gimana?

(Bagaimana)pasal bisa mengatur soal ini karena kesengajaan atau betul-betul kerauhan," jelasnya.

Seperti  diwartakan, RKUHP yang bakal dibahas pemerintah bersama DPR  mengatur banyak pelanggaran pidana termasuk soal pidana santet.  

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved