Menurut Peneliti, Inilah Alasan Orang Menggunakan Ganja

Peneliti di Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, MSc, menjelaskan alasan banyak orang mengonsumsi ganja.

Menurut Peneliti, Inilah Alasan Orang Menggunakan Ganja
Ilustrasi Ganja 

TRIBUN-BALI.COM - Ganja adalah salah satu jenis narkoba yang paling sering dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Pertanyaannya adalah: mengapa? Peneliti di Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, MSc, menjelaskan alasan banyak orang mengonsumsi ganja.

"Alasan orang pakai ganja itu umumnya karena murah, juga ada rasa to feel good dan to feel better," kata dr Hari dikutip dari Kompas.com, Jumat (4/10/2019).

Diakui dr Hari bahwa di antara jenis obat-obatan terlarang, jenis ganja menjadi yang terendah harga belinya.

Maksud dari to feel good yang dikatakan oleh dr Hari yaitu kondisi di mana seseorang terdorong untuk memakai atau mengkonsumsi ganja karena beberapa faktor.

Misalnya, ingin bersenang-senang atau penasaran.

Pendaftaran Hingga November 2019, Pelatihan dan Magang di Jepang Gaji Kotor Rp 33 Juta/Bulan

Penjelasan Arkeolog Soal Banyaknya Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Lokasi Karhutla

Terutama saat berkumpul bersama teman-teman yang juga memakai ganja, ikut memakai ganja menjadi pilihan agar seseorang bisa diterima oleh lingkungan di mana dia berada.

"Terutama ini sangat rentan bagi remaja yang usia dan pola berpikirnya masih labil, juga suka ikut-ikutan teman saja," ujarnya.

Sementara, maksud dari makna to feel better yang disampaikan dr Hari yaitu suatu kondisi di mana seseorang terdorong untuk menghadapi persoalan fisik dan psikis pribadi.

Pada persoalan psikis, seseorang yang rentan terpacu ialah orang yang sering mengalami kecemasan atau kekhawatiran berlebih terhadap sesuatu.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved