Sebanyak 230,6 Hektar Lahan Pertanian di Denpasar Menyusut, Ini Rinciannya

Jika dibandingkan tahun 2018 seluas 631 hektar, terjadi penyusutan lahan pertanian 99,14 hektar.

Sebanyak 230,6 Hektar Lahan Pertanian di Denpasar Menyusut, Ini Rinciannya
Tribun Bali/Putu Supartika
Ilustrasi sawah di Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Lahan pertanian khususnya sawah tahun 2019 seluas menyusut sebesar 230,6 hektar dari tahun 2018.

Hal ini berdasarkan data hasil digitasi dan survei lapangan yang dilakukan Dinas Pertanian Kota Denpasar bekerja sama dengan Universitas Udayana (Unud).

Dari data tersebut lahan sawah dan eks sawah yang masih ada di Kota Denpasar tahun 2019 seluas 1.939,4 hektar.

Sementara luas lahan pertanian (sawah) tahun 2018 luasnya mencapai 2.170 hektar.

"Kami melakukan pendataan lahan sawah basah maupun kering dengan Unud lewat pemetaan digitasi untuk mengetahui secara pasti luas lahan yang ada di Kota Denpasar. Karena Unud memiliki alat dan bekerjasama juga dengan Badan Informasi Giofisika (BIG) untuk menentukan titik koordinat agar luas lahan pertanian yang masih tersisa diukur dengan akurat," kata Kadis Pertanian Kota Denpasar, Gede Ambara Putra.

Ambara Putra mengatakan, tim dari Unud bersama para pakaseh dan kelian subak turun ke lapangan melakukan sosialisasi terlebih dahulu untuk membuat titik kordinat dengan digitalisasi serta mendapat persetujuan dari pakaseh atau kelian subak.

"Dengan demikian, pakaseh menentukan pemetaan luas lahan sawah tersebut agar tidak salah di lapangan. Pemetaan yang diambil yakni lahan basah (sawah) yang masih ada pematangnya (pundukan) atau lahan kering yang tidak ada lagi pundukannya," katanya.

Ambara Putra menambahkan, luas lahan pertanian hasil digitasi dan survei lapangan 2019 di 10 subak yang ada di wilayah Denpasar Selatan tahun ini yakni Subak Cuculan, Intaran Barat, Intaran Timur, Kepaon, Kerdung, Panjer, Renon, Sanur, Sesetan dan Subak Sidakarya seluas 531,86 hektar.

Jika dibandingkan tahun 2018 seluas 631 hektar, terjadi penyusutan lahan pertanian 99,14 hektar.

Juga dilakukan di 14 subak di wilayah Denpasar Timur yakni Subak Anggabaya, Biaung, Buaji, Delod Sema, Kedaton, Paang, Padanggalak, Poh Manis, Saba, Taman, Temaga, Umadesa, Umalayu Subak Yang Batu seluas 616,19 hektar.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved