Inspirasi Tribun Bali

Ketika Kamu Mudah Goyah karena Perkataan Orang Lain, Simak Video Ini

Ketika kamu mudah goyah, simak video inspirasi Tribun Bali yang terbaru minggu ini. Mungkin kamu pernah mendengarnya.

Ketika Kamu Mudah Goyah karena Perkataan Orang Lain, Simak Video Ini
Tribun Bali/Ganendra
Inspirasi Tribun Bali: Cerita bapak dan anak serta seekor keledai 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Ketika kamu mudah goyah, simak video inspirasi Tribun Bali yang terbaru minggu ini.

Mungkin kamu pernah mendengarnya.

Kisah seorang bapak, anak dan seekor keledai.

Seorang bapak bersama anaknya pergi ke pasar untuk menjual seekor keledai. Kasihan terhadap anaknya, si bapak mengalah berjalan kaki, sedangkan si anak menunggangi keledai.

Saat melewati sebuah perkampungan, penduduk kampung bergumam: "Dasar anak tidak bisa menghormati orangtua. Dia asyik menunggangi keledai, sementara bapaknya yang sudah tua disuruh berjalan".

Karena itu, si anak turun dan mempersilakan bapaknya untuk menunggangi keledai.
Saat melewati perkampungan berikutnya, lagi-lagi penduduk kampung bergunjing: "Dasar orangtua gak punya belas kasihan terhadap anak. Dia dengan nyaman menunggangi keledai, sementara anaknya disuruh berjalan".

Akhirnya, agar terlihat adil, maka bapak dan anak itu sepakat bahwa mereka berdua menunggangi keledai. Tapi, lagi-lagi penduduk kampung berikutnya berceloteh: "Dasar tidak berkeperibinatangan. Keledai sekecil itu ditunggangi berdua".

Bapak & anak itu jadi bingung, dan akhirnya diputuskan keledai dipikul saja. Sesampainya di pasar, orang-orang terbelalak melihat keledai dipikul. Orang-orang di pasar itu berkata: "Dasar orang bodoh, buang-buang energi keledai kok dipikul, bukannya ditunggangi".

Sahabat Tribun Bali, dalam menjalani proses kehidupan, mungkin komentar-komentar miring seperti itu sering dilontarkan oleh orang lain kepada kita. Mereka hanya bisa mengkritik tanpa bisa memberi solusi. Mereka hanya melihat kelemahan atau kegagalan kita tanpa apresiasi yang dapat membangkitkan semangat.

Adakalanya kita tidak selalu harus mendengarkan perkataan orang lain yang selalu menyalahkan tindakan kita. Jika kita sudah mengambil keputusan yang dirasa tepat dan terbaik, maka lakukanlah dan jangan hiraukan perkataan orang lain, yang pada akhirnya akan melemahkan semangat kita.

Memang, kritik dan saran orang lain perlu menjadi pertimbangan kita, tetapi tidak harus selalu menjadi pengendali tindakan kita.

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNBALI

Penulis: Sunarko
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved