Dampak Cuaca Buruk Pekan Lalu, Kunjungan Wisatawan ke Terunyan Turun 25 Persen

Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kintamani beberapa hari terakhir, berpengaruh terhadap menurunnya kunjungan wisatawan ke kawasan ini.

Dampak Cuaca Buruk Pekan Lalu, Kunjungan Wisatawan ke Terunyan Turun 25 Persen
Tribun Bali/Fredey Mercury
Aktivitas penyeberangan di Dermaga Kedisan, Kintamani, Bangli, Selasa (29/10/2019). Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kintamani beberapa hari terkahir, menyebabkan penurunan jumlah wisatawan. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kintamani beberapa hari terakhir, berpengaruh terhadap menurunnya kunjungan wisatawan ke kawasan ini.

Kondisi tersebut membuat sejumlah anggota kelompok dayung untuk sementara beralih ke pekerjaan lain.

Ketua Kelompok Dayung Desa Terunyan, I Wayan Warjaya mengatakan, cuaca buruk yang terjadi pekan lalu juga mengharuskan penyeberangan ditutup hingga dua hari.

Penyeberangan kembali dibuka pada hari ketiga.

"Namun dengan sistem buka-tutup hingga empat hari selanjutnya. Artinya kami juga jaga-jaga karena kondisinya belum stabil saat itu. Selain angin kencang, juga ada pohon tubang. Kami tidak ingin wisatawan terkena imbasnya,” ucapnya, Selasa (29/10/2019).

Cuaca buruk, lanjut Warjaya, otomatis berdampak pada penurunan jumlah wisatawan hingga 25 persen.

Dikatakan jika dalam sehari biasanya ada lima perahu dayung yang beroperasi, kini hanya tiga hingga empat perahu.

Begitupun dengan aktivitas speedboat.

Atas kondisi ini, pihaknya mengakui banyak anggota kelompok dayung yang akhirnya mencari pekerjaan lain hingga wilayah Denpasar.

“Karena mau tidak mau mereka harus menafkahi keluarga. Jadi kalau kondisi penyeberangan tidak memungkinkan, mereka langsung ke Denpasar. Ada yang berjualan pisau, kalender, maupun hasil pertanian lokal. Dari 160 orang, yang beralih pekerjaan diperkirakan mencapai 50 persen,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved