Dalung Siapkan Lahan Seluas 27 Are

Penanganan sampah di Kabupaten Badung tak kunjung selesai. Menyikapi persoalan itu, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara Badung akan membangun TPS 3R.

Dalung Siapkan Lahan Seluas 27 Are
TRIBUN BALI
PENATAAN - Lahan yang akan dibangun TPS 3R di Banjar Dukuh Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, sudah mulai ditata, Rabu (13/11). 

MANGUPURA, TRIBUN BALI – Penanganan sampah di Kabupaten Badung tak kunjung selesai. Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta pun sampai turun tangan dengan menemui Walikota Denpasar dan Kelian Adat Pesanggaran agar diberikan tolerasi membuang sampah untuk sementara ke TPA Suwung antara 6 bulan hingga 1 tahun ke depan. Hanya saja sampai saat ini pertemuan itu belum juga membuahkan hasil.

Menyikapi persoalan itu, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara Badung menawarkan solusi untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Lahan yang akan digunakan untuk TPS itu sudah mulai diratakan dengan alat berat pada Rabu (13/11).

Lahan TPS dengan tanah seluas 27 are itu berlokasi di Banjar Dukuh. Perbekel Dalung, Putu Gede Arif Wiratya saat dikonfirmasi membenarkan bahwa di wilayahnya akan dibangun TPS 3R. Menurutnya tidak ada masalah akan pembangunan TPS 3R tersebut. “Kami sudah bicarakan kepada seluruh desa adat yang ada di Desa Dalung yakni ada tiga desa adat dan sudah tidak ada masalah untuk pembangunan TPS 3R ini,” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa saat ini sudah dalam tahap pengerjaan dengan pembuatan jalan dan penataan lahan. Dalam proses penataan, pihaknya meminjam alat berat di Dinas PUPR Badung. “Nanti dilanjutkan di tahun 2020 pembangunannya oleh Pemerintah Kabupaten Badung dan mulai besok (hari ini-red) sudah bisa sampahnya dibuang di sana,” paparnya.

Arif Wiratya juga mengatakan lahan itu hasil kerjasama dengan pihak Desa Adat Dalung. “Itu lahan milik Desa Adat Dalung yakni menggunakan pelabe pura Desa Adat Dalung. Namun kami belum tahu berapa daya tampung TPS 3R tersebut,” ungkapnya.

Ia memaparkan di Dalung terdapat 23 banjar dinas dengan tiga desa adat. Ditegaskannya, tiga desa adat tersebut sudah menerima pembangunan TPS 3R.

Kepala DLHK Badung, Putu Eka Merthawan mengamini bahwa di Kawasan Desa Dalung memang akan dibangun TPS 3R. “Akhir bulan ini yakni Desember akan selesai lahannya. Nanti konsepnya langsung diolah,” akunya.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Badung, Putu Alit Yandinata menyatakan akan siap memperjuangkan anggaran untuk persoalan sampah ini. Pasalnya, di Kabupaten Badung kini harus ada pengolahan sampah yang memadai.

“Saat ini kan pembahasan RAPBD 2020, belanja sudah kita sesuaikan, PAD kita sudah kita hitung dan anggaran 2020 siap untuk menanggulangi persoalan sampah ini. Masalah sampah adalah masalah kita setiap hari,” katanya.

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ni Ketut Sudiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved