Breaking News:

Selain Tekstur,Gelato Enak Dapat Dilihat dari 3 Faktor Ini

Dari sekian banyak gerai gelato, ada cara untuk mengetahui gelato berkualitas baik dengan rasa enak.

Tribun Bali/Marianus Seran
Ilustrasi gelato. Apa bedanya gelato dan es krim? 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Gelato, kudapan manis yang satu ini belakangan ini sedang naik daun.

Banyak usaha gelato baru menjamur di kota besar Indonesia. Dari sekian banyak gerai gelato, ada cara untuk mengetahui gelato berkualitas baik dengan rasa enak.

Seperti infomasi yang diberikan oleh koki Ragil Imam Wibowo saat ditemui di Gelato Class, SIAL Interfood 2019, Jakarta International Expo, Jumat (15/11/2019).

"Sebenarnya lebih ke bahan-bahan yang dipakai, kalau misalnya 100 persen natural itu yang pasti paling enak," jelas Ragil.

Kemudian, faktor lain yang memengaruhi kelezatan gelato adalah kandungan lemak. Ragil menyebutkan, takaran ideal kandungan lemak gelato adalah 12-14 persen.

Jika kandungan lemak terlalu banyak maka rasa gelato menjadi tidak enak, sedangkan jika terlalu sedikit rasa gelato, jadi terlalu ringan saat dikecap.

Dikira dari Bahasa Asing, Ini 3 Arti Nama Cucu Jokowi yang Diambil dari Bahasa Jawa

Sengatan Tawon Ndas Menyebabkan Kematian, Begini Penjelasan Peneliti

Akhir Pekan Banyuwangi Gelar Alas Purwo Geopark Green Run

"Takaran gulanya juga harus pas, jadi tidak terlalu kemanisan," ujar Ragil.

Ia juga mengatakan, dalam membuat gelato sangat penting untuk memperhatikan rasa, kemanisan, bahan, dan udara yang dimasukkan.

"Untuk udara jangan sampai menyentuh angka 30 persen. Ketika kurang dari angka 30 persen, akan terlalu padat. Kalau berlebih, dia terlalu enteng dan jatuhnya akan seperti es krim," pungkas Ragil.

Gelato dari Locarasa.(Instagram Locarasa.noodles) Saat membuat gelato rasa buah, Ragil lebih memilih memasukkan bahan alami, seperti buah-buahan yang memiliki tingkat kematangan sempurna.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved