Genset Telkom Terbakar, Sinyal Internet di Singaraja Lumpuh 3 Jam, Telkom Janjikan Investigasi

Sejumlah warga di wilayah Singaraja mengaku susah sinyal sejak siang hingga jelang sore.

Genset Telkom Terbakar, Sinyal Internet di Singaraja Lumpuh 3 Jam, Telkom Janjikan Investigasi
tribun bali/ Ratu Ayu Astri Desiani
Kondisi ruang genset milik Telkom Singaraja yang terbakar pada Selasa (3/12) siang. 

SINGARAJA, TRIBUN BALI – Sinyal jaringan Telkomsel sempat mati selama tiga jam lamanya di wilayah Singaraja pada Selasa (3/12/2019).

Sejumlah warga di wilayah Singaraja mengaku susah sinyal sejak siang hingga jelang sore.

Penyebabnya adalah ruang mesin genset milik Telkom Singaraja terbakar pada Selasa pukul 13.00 Wita.

Kejadian ini membuat layanan komunikasi dari Telkomsel dan Indihome di seputaran Kota Singaraja dan Kecamatan Sukasada, lumpuh selama kurang lebih tiga jam.

Salah satu satpam Telkom Singaraja, Heri Subroto mengatakan, sebelum terbakar, mesin jenset yang lokasinya di sebelah selatan gedung terbakar itu sempat dinyalakan untuk mengganti suplay listrik milik PLN yang terputus.

Kemudian, setelah pasokan listrik milik PLN kembali normal, petugas pun mematikan mesin tersebut.

Namun selang beberapa menit kemudian, Subroto melihat kepulan asap tebal disertai api, keluar dari dalam ruang mesin genset tersebut.

Subroto pun bergegas memanggil sejumlah petugas Telkom, mereka berjibaku menyelamatkan peralatan kerja yang ada di sekitar lokasi kebakaran, serta melakukan pemadaman dengan alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Apinya cepat sekali membesar, pakai APAR sudah tidak mempan, akhirnya kami hubungi petugas damkar," terangnya.

Petugas damkar yang mendapatkan informasi tersebut lantas menerjunkan sebayak tiga unit mobil damkar, dibantu dengan satu tangki suplay air milik Dinas Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Buleleng.

Hingga api baru berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

General Manager Wilayah Telkom Singaraja, Bonifatius Hendrianto menjelaskan, pihaknya bersama PLN sedang berusaha memperbaiki jaringan listrik yang putus akibat kebakaran ini, yang mengakibatkan sinyal internet dari Telkomsel dan Indihome di kawasan kota Singaraja dan Kecamatan Sukasada menjadi lumpuh.

"Layanan yang terganggu itu layanan Telkomsel dan Indihome. Kami akan melalukan investigasi terkait penyebab kebakarannya," singkatnya.

Lumpuhnya sinyal internet Telkomsel ini mendapat keluhan dari Ida Bagus Juni Ardika, salah satu warga yang ngekos di Jalan Srikandi, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Meski hanya tiga jam, pria berusia 25 tahun ini mengaku sangat terganggu, sebab tidak dapat menjalankan usahanya, menjual baju secara online.

"Saya kecewa sekali, karena pekerjaan saya 100 persen di media sosial. Meskipun ini musibah, harusnya pihak Telkom bisa memberikan tindakan kedua, agar jaringan tidak sampai lumpuh seperti ini," ucapnya. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Huda Miftachul Huda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved