Wabup Badung Hadiri Upacara Nyatur Pecaruan Rsi Gana di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo

Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai komitmen untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Wabup Badung Hadiri Upacara Nyatur Pecaruan Rsi Gana di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Wabup Badung I Ketut Suiasa hadir di Upacara Pecaruan Rsi Gana di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (11/12/2019). 

Wabup Badung Hadiri Upacara Nyatur Pecaruan Rsi Gana di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri pelaksanaan upacara Nyatur Pecaruan Rsi Gana, Melaspas Purana (sejarah pura dalem solo) dan pewintenan pemangku, di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (11/12/2019).

Acara tersebut dipuput Ida Pedande Girya Tegeh Angantaka.

Selain dihadiri wakil Bupati Badung, juga hadir Kabid Dinas Kebudayaan I.B Arjana, Bendesa Adat Sedang I Made Bujastra, Perbekel Desa Sedang I Gede Putu Natih beserta seluruh masyarakat setempat.

Wabup Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai komitmen untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sekaligus bertatap muka dengan masyarakat Kabupaten Badung dalam upacara keagamaan.

“Kehadiran Pemerintah Kabupaten Badung di tengah-tengah masyarakat untuk menyaksikan upacara pewintenan pemangku yang baru sudah berjalan dengan baik. Kehadiran kami di sini juga ikut mendoakan seluruh masyarakat Badung beserta Kabupaten Badung agar mendapatkan kerahayuan untuk kita semua,” kata Suiasa.

Manggala Karya I Gusti Agung Ngurah Sumerta mengatakan, upacara piodalan ini bertepatan dengan purnama ke enam pada rahina pagerwersi.

Pada piodalan ini dilaksanakan upacara piodalan Nyatur, Upacara Rsi Gana, Melaspas Purana di Pura Kayangan Jagat Dalem Solo Desa Adat Sedang.

“Hari ini dilaksanakan upacara piodalan Nyatur secara langsung disertai dengan penganyaran pada rahina saniscara Sabtu (14/12/2019) mendatang,” kata I Gusti Agung Ngurah Sumerta.

Dikatakannya, Pura Kayangan Jagat Dalem Solo Desa Adat Sedang diempon oleh 4 banjar terdiri dari Br Sedang, Br Aseman, Br Ratih, Br Samu Sigaran. Atau diempon oleh 50 rumah dengan jumlah KK sebanyak 150.

Pada upacara Nyatur Pecaruan Rsi Gana, Melaspas Purana dan pewintenan pemangku, Wabup Suiasa melakukan persembahyangan bersama disertai menyerahkan dana aci Rp 50 juta kepada manggala karya I Gusti Agung Ngurah Sumerta disaksikan seluruh masyarakat setempat. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved